Akibat Cuaca Buruk Nelayan Enggan Melaut, Harga Ikan Naik

Minggu, 2 Januari 2022 - 18:44 WIB

Kep. Selayar, Sulawesi Selatan - Akibat cuaca buruk harga ikan mengalami kenaikan di Kepulauan Selayar. Sementara itu di Padang Lawas, Sumatra Utara cuaca buruk menyebabkan terjadinya banjir bandang yang menghanyutkan puluhan rumah warga.

Cuaca buruk membuat hasil tangkapan nelayan berkurang bahkan banyak nelayan enggan melaut hingga menipisnya stok ketersediaan ikan. Mahalnya harga ikan ini dikeluhkan oleh para pedagang dan pembeli.

Kepulauan Selayar dikenal sebagai salah satu daerah penghasil ikan di Sulawesi Selatan namun karena cuaca ekstrim belakangan, dipastikan pasokan ikan ke Makassar dan sekitarnya akan menurun pada awal tahun 2022. Saat ini ikan yang tersedia di pasar pangkalan pendaratan ikan hanya ikan-ikan kecil hasil tangkapan nelayan pesisir.

Sementara di Padang Lawas, Sumatra Utara, ratusan rumah warga di 15 desa mengalami kerusakan. Selain itu banjir bandang juga merusak sebuah sekolah di Tamiang.

Data sementara dari BPBD tercatat sekitar 20 rumah hanyut terbawa arus sungai Sutam dan Batang Lubuh, sementara 70 rumah mengalami kerusakan berat dan ringan.

Saat ini pemerintah setempat telah menyalurkan bantuan dan mendirikan posko pengungsian bagi korban. (afr)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:41
02:33
02:15
05:26
01:05
02:10
Viral