Banjir Terjang Sungai Besuk Cangkah, Lumajang

Minggu, 16 Januari 2022 - 13:02 WIB

Lumajang, Jawa Timur - Banjir kembali menerjang jalan dan pemukiman warga Dusun Kamar Kajang di Lumajang, Jawa Timur Sabtu kemarin. Banjir ini dipicu terjadinya hujan lebat sehingga aliran Sungai Besuk Cangkah langsung meluap.

Video amatir awal terjadinya banjir yang menerjang Sungai Besuk Cangkah di Dusun kamar Kajang Desa Sumberwuluh, Candipuro, Lumajang. Warga  mengatakan jika banjir Ini bukan akibat luapan sungai aliran lahar.

Di video amatir lainnya, nampak terlihat aliran banjir telah memenuhi jalan nasional dan masuk kedalam rumah warga, yang beberapa waktu sebelumnya juga diterjang banjir. Banjir juga menerjang aliran Sungai Besuk Cangkah di Dusun Kampung Renteng dan Kebondeli Utara. Warga yang berada di sekitar lokasi langsung lari menyelamatkan diri.

Sementara itu, pada waktu yang bersamaan banjir lahar hujan Gunung Semeru kembali menerjang aliran Sungai Regoyo, Desa Gondoruso Pasirian Lumajang. Sejumlah warga dan penambah pasir langsung lari menyelamatkan diri, sesaat sebelum lahar yang dipicu hujan lebat di hulu Semeru ini.

Dalam waktu singkat debit air langsung meningkat tajam beruntung banjir kali ini tidak sebesar banjir sebelumnya yang sempat mengakibatkan jembatan limpas di lokasi ini terputus. 

Sejumlah warga lokal berdatangan ke tepi sungai untuk melihat kondisi ketinggian dan arah dari aliran lahar hujan ini. Warga mengaku sangat cemas akibat banjir lahar hujan Gunung Semeru yang sering terjadi akhir-akhir ini.(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
06:48
02:28
Viral