Mengantre Bansos Lebih Dari 5 Jam, Sejumlah Lansia Terbaring Lemas Bahkan Pingsan

Minggu, 16 Januari 2022 - 12:59 WIB

Bojonegoro, Jawa Timur - Sejumlah wanita berusia lanjut terbaring lemas bahkan pingsan usai terpaksa mengantre hingga lebih dari lima jam, demi bantuan dana Bansos di Bojonegoro, Jawa Timur.

Pemberian Bansos yang tak bisa diwakilkan membuat sejumlah penerima bantuan yang usianya sudah diatas 70 tahun tetap harus mengantri sendiri. Puluhan wanita lanjut usia alias nenek-nenek ini, mau tak mau, harus ikut mengantri di kantor Kecamatan Kota Bojonegoro, Jawa Timur demi dana bantuan sosial dari Kementerian Sosial.

Namun, karena kurangnya antisipasi membuat sejumlah nenek kelelahan bahkan pingsan di pelataran Kantor Kecamatan karena lamanya proses antrian. Sebagian bahkan sudah mengantre lebih dari lima jam.

Antrean mengular karena penyaluran uang bansos kali ini diberikan melalui pembukaan rekening kolektif, sehingga memakan waktu cukup lama perorangnya. Selain itu pemberian bansos yang tak bisa diwakilkan, membuat sejumlah penerima bantuan lanjut usia yang sudah diatas 70 tahun tetap harus mengantre sendiri.

Sejumlah warga penerima bantuan mengaku kecewa akan kurangnya koordinasi petugas dalam mengatur antrian dan kerumunan.

Kerumunan terjadi karena pembagian bantuan untuk empat wilayah kecamatan dikumpulkan di satu lokasi. Adapun bantuan sosial dari pemerintah kali ini ditujukan kepada warga yang terdampak Covid-19 terutama untuk usia lanjut dan warga yang kurang mampu, dengan jumlah yang beragam mulai dari Rp 100 ribu hingga Rp 1,6 juta per orangnya. Namun penyaluran diberikan melalui bank rekanan pemerintah hingga pencairan juga harus menggunakan agen ATM yang ditunjuk.(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:31
02:44
03:34
06:26
09:41
20:11
Viral