Inilah Alasan Mengapa Harga Minyak Goreng Melonjak

Kamis, 20 Januari 2022 - 15:36 WIB

Surabaya, Jawa Timur - Harga minyak goreng melonjak pemerintah keluarkan dana besar untuk mensubsidi selisih harga pasar demi minyak Rp14.000 per liter. Lalu kenapa minyak sawit bisa sampai mahal di Indonesia padahal Indonesia adalah negara produsen minyak sawit nomor satu di dunia.

Harga minyak goreng atau minyak kelapa sawit meloncat di Indonesia awal Desember lalu. Wakil Walikota Surabaya Armuji mencari tahu penyebabnya dan mendatangi gudang distribusi minyak goreng terbesar di Jawa Timur.

“Saya cek di gudangnya ternyata memang tidak ada tapi bahan baku lainnya ada. Mereka sudah kontrak dengan luar negeri meminta bahan baku tersebut tapi di negeri kita sendiri kekurangan bahan baku yang biasa diolah untuk dijadikan minyak. Ini yang memang menjadi suatu kelangkaan dan keterlambatan minyak-minyak yang ada di pasar,” ungkapnya.

Kenapa Indonesia bisa sampai kekurangan bahan untuk membuat minyak kelapa sawit padahal Indonesia adalah produsen nomor satu di dunia.”Soal minyak goreng karena harga CPO di pasar ekspor sedang tinggi saya perintahkan Menteri Perdagangan untuk menjamin stabilitas harga minyak goreng di dalam negeri,” ucap Jokowi. (adh)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral