Covid-19 Melonjak, Tes Swab Meningkat 300 Persen

Senin, 7 Februari 2022 - 14:04 WIB

Jakarta - Permintaan swab atau tes usap drive-thru di sebuah laboratorium klinik di Jakarta Barat meningkat 300 persen sejak dua pekan lalu.

Peningkatan itu terlihat dari antrian mobil yang mencapai 500 meter di daerah Kembangan, Jakarta Barat karena banyaknya warga yang ingin melakukan swab drive-thru.

Jika sebelum merebaknya varian Omicron klinik hanya melayani 100 orang perhari maka kini mencapai 400 orang lebih perhari. Antrian panjang ini terjadi setelah kasus Covid-19 varian Omicron merebak di ibu kota.

Lonjakan kasus Covid-19 kembali menjadi sorotan setelah cukup lama melandai. Profesor Zubairi Djoerban, Ketua Satgas Covid-19 dari unsur Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mengatakan masyarakat harus kembali konsisten untuk mematuhi protokol kesehatan.

"Jadi yang pertama tentu yang belum vaksin segera vaksin, yang sudah dua kali harus segera booste," imbaunya.
Selain itu masyarakat sudah harus menggunakan masker medis karena varian Omicron terbukti mampu menembus masker kain biasa. Kemudian masyarakat juga harus mengurangi jumlah kerumunan.

"Kerumunan itu ya kumpul bareng-bareng untuk nyanyi-nyanyi atau untuk makan makan atau sekedar silaturohim. Bukan waktunya sekarang. Tidak boleh," tegas Zubairi. (afr)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:22
02:07
02:34
04:41
02:33
02:15
Viral