Semakin Langka, Warga Tanggamus Olah Kelapa Jadi Minyak Goreng

Senin, 28 Februari 2022 - 13:38 WIB

Tanggamus, Lampung - Mahalnya harga minyak goreng hingga kelangkaan minyak masih terjadi di sejumlah daerah. Seorang warga di Kabupaten Tanggamus. Lampung pun berinisiatif membuat minyak goreng dengan bahan baku kelapa. Dengan 20 butir kelapa masakan dapat menghasilkan dua liter minyak kelapa.

Kesulitan mendapatkan minyak goreng dan masih mahalnya harga minyak goreng, membuat warga di Kabupaten Tanggamus, Lampung ini berinisiatif membuat minyak goreng dengan bahan baku kelapa. Dengan 20 butir kelapa masakan, maka ia dapat menghasilkan 2 liter minyak kelapa.

Pembuatan minyak goreng dari bahan baku kelapa ini tidaklah sulit dan dapat menjadi pengganti minyak goreng sawit. Proses pembuatan minyak kelapa diawali dengan pemilihan buah kelapa yang sudah kering, kemudian dikupas dan diparut untuk diambil santannya.  

Setelah santan dipisahkan dengan air, santan kemudian dimasak. Sepuluh butir kelapa membutuhkan minimal satu hingga dua jam pemanasan di atas api kompor atau tungku.

Sementara itu Hermawan pengepul kelapa mengatakan, dalam setiap harinya tidak kurang dari empat orang membeli kelapa untuk dibuat minyak goreng berbahan baku kelapa.

Hingga kini, kelangkaan minyak masih terjadi di sejumlah daerah.(awy)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:21
02:44
09:37
02:52
04:28
07:37
Viral