Penampakan Sejumlah Wilayah di Ukraina yang Hancur oleh Invasi Rusia di Hari ke-22

Kamis, 17 Maret 2022 - 17:53 WIB

Ukraina - Perang antara Rusia dan Ukraina memasuki hari ke-22. Ukraina menuding Rusia melakukan kejahatan perang. Sebaliknya Rusia membantah menjadikan warga sipil sebagai sasaran penyerangan.

Sebuah pasar di Kharkiv bagian timur Ukraina luluh lantak. Tempat warga biasa berbelanja kebutuhan pangan sehari-hari ini terbakar akibat tembakan roket Rusia. Roket juga menghantam sebuah gudang penyimpanan bantuan pangan dan kemanusiaan. 

Akibat kebakaran ini tiga orang tewas dan lima orang terluka termasuk dari regu pemadam kebakaran.

Masih di Kharkiv, roket yang diluncurkan Rusia juga merusak dua sekola. Pihak pengelola sekolah menyatakan tidak habis pikir kenapa Rusia tega menyerang tempat pendidikan. 

Rusia juga melancarkan gempuran lewat serangan udara. Mereka memusnahkan gudang penyimpanan rudal dan artileri milik Ukraina. Kementerian Pertahanan Rusia tidak mengungkapkan lokasi serangan ini, tetapi menegaskan mereka menggunakan sistem rudal presisi tinggi.

Namun tidak hanya fasilitas militer, sejumlah infrastruktur sipil, termasuk gedung hunian juga terkena serangan Rusia. Citra satelit menunjukkan kerusakan gedung hunian, stasiun kereta, api dan sebuah gereja. Gempuran Rusia mengakibatkan kebakaran dan lekukan-lekukan mirip kawah hangus.

Jumlah pasien pun membludak. Semua pasien adalah korban serangan Rusia. Ukraina menuding Rusia melakukan kejahatan perang. Rusia membantah menjadikan warga sipil sebagai sasaran penyerangan.

Kementerian Pertahanan Rusia menuding batalyon sayap kanan Ukraina Azof membesar-besarkan isu. Dalam keadaan yang mencekam, pilihan bagi warga adalah mengungsi.

Memasuki pekan ketiga, invasi militer Rusia lebih dari 3 juta warga Ukraina telah angkat kaki. Perempuan dan anak-anak terpaksa berpisah dengan suami, ayah, dan saudara laki-laki mereka.

Kaum adam berusia 18-60 tahun diwajibkan tetap di Ukraina mempertahankan tanah air dari gempuran Rusia.(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral