Akibat Gagal Panen, Harga Bawang Ikut Naik

Kamis, 16 Juni 2022 - 12:45 WIB

Blitar, Jawa Timur - Harga bawang merah di Pasar Legi Kota Blitar, Jawa Timur sepekan terakhir ini terus mengalami kenaikan tajam. Sementara di pasar tradisional di Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat harga cabe rawit sejak satu pekan terakhir juga terus mengalami lonjakan.

Harga bawang merah di Pasar Legi Kota Blitar, Jawa Timur sepekan terakhir terus mengalami kenaikan tajam. Jika sebelumnya harga bawang merah di pasaran hanya Rp23 ribu per kg, saat ini tembus mencapai Rp45 ribu per kg.

Kenaikan harga bawang di pasar naik secara bertahap mulai dari harga Rp28 ribu per kg, Rp30 ribu, sampai sekarang tembus Rp45 ribu per kg.

Bawang merah naik karena stok di petani tinggal sedikit. Sedangkan permintaan pasar terus meningkat, dan dampak kenaikan harga bawang ini membuat omzet penjualan menurun akibat sepi pembeli.

Sementara di Pasar Tradisional Marasa Wonomulyo, Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat harga cabe rawit sejak satu pekan terakhir terus mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Harga cabe rawit mengalami kenaikan hingga 100% dari harga normalnya. Sebelumnya harga cabai rawit masih dijual pada kisaran Rp30 ribu-Rp35 ribu per kg, saat ini harga cabai rawit sudah menembus angka Rp65 ribu sampai dengan Rp70 ribu per kg.

Selain harganya naik, stok cabai rawit di pasaran juga mulai sulit didapatkan. Selain itu cabai besar juga mengalami kenaikan harga Rp15 ribu per kkg. Sebelumnya dijual Rp35 ribu per kg, menjadi Rp50 ribu per kg. Sementara bawang merah naik dari Rp8 ribu menjadi Rp14 ribu per kg. 

Melonjaknya harga komoditas bumbu dapur ini disebabkan kurangnya pasokan dari distributor dan diduga ini disebabkan banyaknya wilayah yang ini gagal panen.(awy)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
26:59
25:31
06:57
09:47
07:30
00:48
Viral