Cerita Jemaah Furoda Bayar Ratusan Juta Gagal Berangkat Haji

Rabu, 6 Juli 2022 - 18:04 WIB

Jakarta - Puluhan calon jemaah haji non-pemerintah atau furoda gagal berangkat ke tanah suci lantaran visa mereka tidak kunjung terbit. Mereka bahkan sudah berada di bandara soekarno-hatta Tangerang, Banten namun tidak ada kejelasan.

Tiga wanita yang merupakan calon jemaah haji non-pemerintah atau furoda yang dikabarkan akan berangkat haji tahun 2022, gagal berangkat. Mereka dan puluhan orang lainnya melalui sebuah travel haji tengah berada di sebuah hotel di Kompleks bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Banten menunggu jadwal keberangkatan.

Namun sayang setelah menunggu beberapa hari, puluhan calon jemaah haji ini justru gagal berangkat, karena belum mendapatkan visa yang diterbitkan dari pihak pemerintah Arab Saudi.

Para calon jemaah ini berharap sesuai dengan perjanjian yang dilakukan oleh agen travel Jannah Firdaus, jika visa haji tidak kunjung terbit, maka uang yang sudah masuk bisa dikembalikan 100% kepada para calon jemaah haji furoda yang tidak bisa berangkat ke Tanah Suci.

Pihak Kepala Imigrasi Kelas 1 Khusus TPI Bandara Soekarno-Hatta mengatakan pasca-penolakan 46 calon jemaah yang dideportasi oleh pihak Arab Saudi, masih terdapat 13 calon jemaah haji yang mencoba berangkat menggunakan visa ziarah dan visa amil, tetapi tidak sesuai dengan visa yang diperuntukan untuk haji.

Sebelumnya para jemaah haji non-pemerintah atau furoda asal travel agent Jannah Firdaus sudah melakukan manasik haji. Bahkan pelunasan pembayaran haji pun sudah mereka lakukan sebesar Rp350 juta dan telah mendaftar sejak 9 Mei 2022.(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral