Presiden Jokowi akan Gunakan Pakaian Adat Kesultanan Buton di HUT ke-77 RI

Selasa, 16 Agustus 2022 - 17:34 WIB

Jakarta - Presiden Joko Widodo akan mengenakan pakaian adat Kesultanan Buton dalam upacara hari ulang tahun ke-77 Republik Indonesia di Istana Negara besok. Pemerintah kota Bau-bau telah mengirim pakaian adat Kesultanan Buton bernama Dolomani yang sarat filosofi kepemimpinan.

Pakaian adat Kesultanan Buton bernama Dolomani yang terdiri dari baju, celana, sarung, kopiah yang dilengkapi dengan badik serta katuko atau tongkat. Pakaian Dolomani ini dijahit langsung oleh salah satu penjahit di kota Bau-bau bernama Husein.

Meski permintaan pembuatan pakaian adat ini mendadak, tetapi Husein dapat mengerjakannya dengan terampil dengan waktu dua hari. Husein pun mengaku bangga dapat menjahit pakaian Kesultanan Buton yang akan dikenakan oleh Presiden Joko Widodo.

Disinggung masalah harga, Husein mengaku tidaklah menjadi hal utama. Namun hasil karyanya yang bisa dikenakan Presiden justru menjadi kebanggaan baginya.

Sementara itu Ketua Dekranas Kota Bau-bau Waode Nursanti Monianse mengatakan pakaian adat ini telah dikirim ke Istana Negara.

Pakaian Dolomani merupakan salah satu pakaian kebesaran Sultan dimana motifnya memiliki filosofi kepemimpinan. Salah satu corak tumbuhan yang menempel di baju dan kopiah bertuliskan maulana dalam bahasa Arab berarti pemimpin umat. 

Selain pakaian adat Kesultanan Buton, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara juga menawarkan pakaian adat Suku Tolaki yang bakal menjadi pilihan untuk pakaian yang akan dikenakan Presiden Joko Widodo pada Upacara HUT RI ke 77.(awy)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:13
01:51
04:09
02:08
26:44
05:12
Viral