Kronologis Ratusan Mahasiswa IPB Terjerat Pinjol dengan Jumlah Miliaran

Rabu, 16 November 2022 - 10:01 WIB

Bogor, Jawa Barat - Beginilah kronologi ratusan mahasiswa IPB terjerat pinjol hingga total miliaran rupiah dan diteror oleh debt collector.

Sebanyak 126 Mahasiswa IPB yang terjerat pinjol ini tertipu oleh seorang perempuan berinisial AI.

Kejadian bermula pada bulan September 2022 lalu saat akan ada kegiatan di kampus di IPB University, Dramaga, Bogor. 

Saat itu, panitia kegiatan membutuhkan dana untuk mendukung jalannya kegiatan kampus. Atas arahan dari kakak tingkat di kampusnya, maka mahasiswa yang menjadi panitia kegiatan ini diperkenalkan dengan seorang wanita bernama AI.

AI meminta agar mahasiswa yang tergabung dalam kepanitiaan mengikuti saran dan petunjuknya, dimana harus membuka sejumlah aplikasi belanja dan aplikasi pinjaman online.

Setiap mahasiswa diharuskan mengajukan kredit yang jumlahnya bervariasi, yakni antara Rp6-Rp29 juta. 

Para mahasiswa pun diminta untuk berbelanja di aplikasi berbelanja. AI mengaku tengah mempromosikan sebuah toko online di aplikasi belanja tersebut.

Dirinya pun menjanjikan akan memberikan 10 persen keuntungan bagi mahasiswa yang berhasil menjual barang di toko.

Dengan alasan untuk kepentingan suksesnya kegiatan kampus, mahasiswa pun berlomba mencari pembeli online.

Bahkan tidak hanya belanja, uang pun ditransfer ke rekening AI termasuk dengan keuntungan 10% juga dengan proses pembayaran yang dijanjikan.

Meski acara kampus berakhir dengan sukses, namun sedikitnya 126 mahasiswa IPB malah kena teror dan mendapat ancaman dari para penagih atau debt collector. 

Mereka bahkan mengaku ada yang didatangi debt collector sampai ke rumahnya. 

Bagi para mahasiswa yang dengan kondisi ekonominya berada di atas rata-rata, tagihan dibantu diselesaikan oleh orang tuanya. 

Namun sayangnya, sejumlah mahasiswa lainnya yang rata-rata baru semester 3 ini kebingungan dan takut lantaran utangnya terus ditagih.

Sebagian mahasiswa bahkan banyak yang menjual barang-barang pribadi mereka seperti ponsel, laptop, dan barang-barang lainnya.

Data awal yang diterima tvOnenews.com, ada 126 korban. Kini, korban diduga bertambah dari 126 orang menjadi 311 orang. 

Polresta Bogor Kota menerima 2 laporan resmi dan 29 laporan pengaduan dari 311 pengakuan mahasiswa IPB terjerat pinjol.(awy)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:19
06:20
02:53
02:49
02:12
Viral