Sempat Terombang-ambing di Laut, Ratusan Pengungsi Rohingya Terdampar

Rabu, 28 Desember 2022 - 17:55 WIB

Aceh - Sebanyak 174 pengungsi etnis Rohingya kembali terdampar di lepas pantai Gampong Ujong Pie, Kabupaten Pidie pada Senin (26/12/2022) kemarin.
 
Mereka sempat terombang-ambing selama 40 hari di tengah laut sebelum akhirnya terdampar di pantai Ujong Pie.
 
Terlihat detik-detik saat para pengungsi etnis Rohingya mendarat di pesisir pantai yang terekam oleh video amatir milik warga. Para pengungsi ini turun dari kapal dalam keadaan lemas tak berdaya.
 
Warga sekitar langsung menghampiri dan memberikan pertolongan bagi pengungsi pencari suaka ini yang tergeletak di pesisir pantai Gampong Ujong Pie.
 
Diketahui sebanyak 174 pencari suaka etnis Rohingya ini sempat terombang-ambing selama 40 hari di tengah laut tanpa makanan dan air minum.
 
Kepala Puskesmas Ujong Pie, Jufrida, menyebutkan sedikitnya 39 orang pengungsi rohingya diberikan perawatan intensif karena mengalami dehidrasi berat.
 
Kepada petugas, para pengungsi Rohingya mengaku meninggalkan tempat penampungan pengungsi di Bangladesh dan sempat terkatung-katung di laut lepas selama 40 hari sebelum akhirnya merapat ke perairan Aceh.
 
Total 174 pencari Suaka etnis Rohingya yang diselamatkan ini adalah rombongan kedua yang datang ke kawasan Aceh.
 
Sebelumnya 58 laki-laki etnis Rohingya lainnya juga mendarat di Ladong, Aceh Besar beberapa waktu lalu.
 
Kini para pengungsi rohingya telah direlokasi ke tempat penampungan sementara di gedung sekolah SMP 2 Muara 3 Kabupaten Pidie.(awy)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:38
01:55
02:13
05:10
03:07
02:26
Viral