Bahaya Nitrogen Cair pada Chiki Ngebul

Rabu, 11 Januari 2023 - 09:47 WIB

Jakarta - Jajanan kekinian ‘chiki ngebul’ kini tengah ramai diperbincangkan setelah ditemukan kasus keracunan makanan pada anak-anak.

Jajanan ini merupakan snack yang disiram dengan nitrogen cair sehingga menimbulkan efek asap ice smoke atau asap.

Gejala keracunan nitrogen cair pada anak-anak, antara lain sakit perut yang teramat sangat, mual, muntah, dan perut bertambah besar.

Kemenkes meminta dinas kesehatan setempat dan rumah sakit segera melapor jika menemukan kasus keracunan makanan berasap mengandung nitrogen cair.

Dampak dari mengkonsumsi nitrogen cair lewat chiki ngebul atau ice smoke berkepanjangan bisa menyebabkan kerusakan internal pada organ. 

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang dr Dini Anggraeni, Minggu (8/1/2023). 

"Adapun risiko bahaya nitrogen cair apabila bersentuhan dengan tubuh, yaitu bisa menyebabkan kerusakan termal yang parah pada kulit, mata, maupun organ. Namun, tingkat keparahan cedera tergantung pada durasi dan area kontak,” kata dr Dini. 

Dini menuturkan cold burn atau luka bakar dingin merupakan kerusakan lokal pada kulit dan jaringan lainnya akibat pembekuan. Hal ini disebabkan karena paparan dingin yang berkepanjangan.

Dari sejumlah kasus, cedera terjadi ketika kulit telanjang dan jaringan terbuka lainnya bersentuhan dengan nitrogen cair selama lebih dari beberapa detik.(awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:36
01:13
10:09
07:45
09:41
04:03
Viral