Dosa yang Paling Sering Dilakukan Banyak Orang

Selasa, 28 November 2023 - 15:00 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Setiap orang pasti memiliki dan pernah berbuat dosa . Mungkinkah dari kita ada yang merasa tidak memiliki dosa? Atau merasa dosa kita hanya sedikit? Setiap orang tidak ada yang bisa mengetahui lebih banyak mana antara dosa dan pahala yang dimilikinya.

Ustadz Fachry Jamalullail mengatakan untuk membuat resolusi setiap tahunnya, perlu memantau dosa apa saja yang diperbuat dalam setahun sebelumnya.

“Bapak setiap mau tidur malam ya, dicatat dosa apa aja yang kita buat mulai dari pagi sampai kita mau istirahat. Kenapa begitu? Supaya kita ingat ‘Oh hari ini gua bikin dosa ini, ini, ini, ini, ini, ini, ya sebanyak apapun catat karena dengan begitu kita sadar ternyata sudah begitu banyak dosa yang kita buat dan Subhanallah Allah tidak akan pernah menutup pintu tobatnya bagi hambanya yang ingin bertobat,” tutur Ustadz Fachry.

Dosa yang paling enteng yang banyak umat lakukan, menurut Ustadz Fachry adalah dosa-dosa kecil.

“Dosa biasanya yang paling sering kita buat apa bohong tuh paling. Gampang tuh janjian sama teman nanti setelah pulang kerja, kita mau makan malam mau di mana janjiannya. Begitu sudah pulang jam kerja teman nanya ‘Bro udah di mana?’ apa jawab kita ‘OTW’ padahal masih di kantor kita,” ucap Ustadz Fachry.

“Kalau kita sudah biasa bohong, satu kebohongan tidak akan selesai kecuali akan ditambah dengan kebohongan-kebohongan yang lain,” tambahnya. (awy)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:14
02:34
06:16
02:18
02:52
01:44
Viral