Presiden Republik Indonesia ke-V, Megawati Soekarnoputri dan Gubernur Bali, Wayan Koster.
Sumber :
  • tvOne - aris wiyanto

Buka Pesta Kesenian Bali, Megawati Minta ke Gubernur Koster Jangan Tampilkan Tarian Bali di Hotel

Senin, 19 Juni 2023 - 10:52 WIB

Denpasar, tvOnenews.com - Presiden Republik Indonesia ke-V, Megawati Soekarnoputri meminta Gubernur Bali, Wayan Koster agar tidak menampilkan tarian Bali dalam acara atau event di hotel.

Hal tersebut, Megawati sampaikan saat memberikan sambutan dalam pembukaan Pesta Kesenian Bali (PKB) XLV tahun 2023 yang dilaksanakan di depan Monumen Bajra Sandi, Lapangan Puputan Niti Mandala, Renon, Kota Denpasar, Minggu (18/6).

Megawati menilai, bahwa tarian Bali saat ditampilkannya di acara-acara hotel akan kehilangan roh-nya. Karena, akan dipotong dan tidak lagi berada di tangan sekaa gong atau penabuh dan penari kesenian Bali.

"Tadi di jalan saya bilang waktu kemarin pada Bapak Koster, tolonglah jangan tarian Bali dibawa-bawa ke hotel, saya tidak setuju. Kenapa, karena akan kehilangan rohnya karena sudah dipotong tidak lagi berada di tangan sekaa gong, sekaa gong. Karena saya tau sekali, saya ikut menari, ayah saya menyuruh kami menari," kata Megawati.

"Saya tau tari Bali, tari legong Keraton, Pendet dan lain sebagainya. Kemarin, secara tidak langsung, saya membuat kritik karena apa, karena tidak ada maestro lagi, maestro (itu) guru mumpuni," imbuhnya.

Ia juga menyebutkan bahwa dirinya saat melihat tarian Bali saat ini, hanya fisiknya yang menari tapi jiwanya tidak. Padahal menurutnya jika menari fisik dan jiwanya harus menjadi satu.

"Jadi, kalau saya lihat tarian Bali sekarang itu hanya fisiknya yang menari tidak dengan jiwanya. Padahal itu mesti jadi satu, fisik dan jiwa," ungkapnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:29
03:20
01:09
00:55
02:07
03:49
Viral