dr Kemala Rita Wahidi selaku Ketua Konferensi Asian Oncology Nursing Society (AONS).
Sumber :
  • tvOne - aris wiyanto

Penderita Kanker di Indonesia Meningkat 30 Persen, Terbanyak Kanker Payudara, Ini Penjelasannya

Rabu, 2 Agustus 2023 - 16:45 WIB

Badung, tvOnenews.com - Jumlah penderita penyakit kanker di Indonesia terus meningkat setiap tahunnya. Di tahun 2023, jumlah penderita kanker mengalami peningkatan signifikan hingga 30 persen dibandingkan tahun 2022. Tidak hanya meningkat jumlahnya, usia pasien pun semakin muda.

Hal ini disampaikan oleh dr Kemala Rita Wahidi selaku Ketua Konferensi Asian Oncology Nursing Society (AONS) atau Asosiasi Perawat Onkologi se-Asia ke-6 tahun 2023 yang digelar di Kuta, Kabupaten Badung, Bali, pada Rabu (2/8).

dr Kemala yang juga Ketua Himpunan Perawat Onkologi Indonesia (HIMPONI) mengatakan, dalam AONS ke-6 Indonesia menjadi tuan rumah, dan pertemuan ini sangat penting sekali berkaitan bahwa Pemerintah Indonesia saat ini melakukan transformasi di bidang kesehatan terutama terhadap empat penyakit besar yaitu jantung, kanker, stroke, dan urologi.

Sementara, untuk peningkatan penderita atau penyakit kanker di Indonesia setiap tahun mengalami peningkatan cukup tinggi dan di tahun 2023 sekitar 30 persen dan terbanyak adalah kanker payudara.

"Selalu terjadi peningkatan kasus kanker, peningkatannya sangat tinggi sekali. Ratusan ribu setiap tahunnya, sekitar 30 persen (peningkatan di tahun 2023)," kata Kemala.

Selain itu, untuk penderita kanker terbanyak di Indonesia adalah kanker payudara, kedua kanker serviks dan juga ada kanker paru serta kanker darah.

"Nomer satu di Indonesia masih tetap dipegang pada wanita kanker payudara. Yang kedua kanker serviks juga pada wanita tetapi secara keseluruhan kanker payudara adalah nomer satu, dan kanker paru juga cukup banyak dan kanker darah," imbuhnya.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:31
02:44
03:34
06:26
09:41
20:11
Viral