Presiden Joko Widodo saat mengunjungi Pasar Batu Bulan.
Sumber :
  • aris wiyanto

Temui Pedagang di Bali, Presiden Jokowi Instruksikan Mentan Tingkatkan Produksi Beras

Selasa, 31 Oktober 2023 - 19:36 WIB

Gianyar, tvOnenews.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, produksi beras harus didorong dan kebutuhan pokok lainnya bisa ditingkatkan, agar pemerintah lebih mudah mengendalikan harga

"Yang paling penting yang pertama, produksinya memang harus didorong terus agar naik. Sehingga kalau suplainya banyak, harga juga akan tidak ikut naik," kata Jokowi di sela kunjungannya di Pasar Bulan, Kabupaten Gianyar, pada Selasa (31/10).

Jokowi juga mengintruksikan Menteri Pertanian Amran Sulaiman, untuk fokus meningkatkan produksi beras agar harga beras bisa terkendali. 

"Kedua, Menteri Pertanian memang sudah saya perintahkan untuk fokus di urusan produksi beras. Karena di situ belum bisa kita kendalikan untuk tarik turun, meskipun sudah tidak naik lagi," imbuhnya.

Selain itu Presiden Jokowi juga memerintahkan para kepala daerah untuk mengintervensi lonjakan harga bahan pokok untuk meringankan beban ekonomi masyarakat dengan menggunakan anggaran tidak terduga.

"Untuk kepala daerah juga baru kemarin saya perintahkan agar mengintervensi, apabila ada kenaikan harga komoditas apapun dengan anggaran tidak terduga itu bisa dilakukan baik untuk biaya transportasi, distribusi, dan cari pasokan dari tempat produksi. Saya kira kalau itu dilakukan saya yakin (bahan pokok lebih murah. Tapi di sini harga-harga menurut saya masih baik," ujarnya. (awt/far)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:38
03:09
10:13
04:52
03:06
01:24
Viral