Lewotobi Laki-laki kembali erupsi.
Sumber :
  • Oktavianus Fredi Koban

Di Penghujung Masa Tanggap Darurat, Lewotobi Kembali Meletus

Rabu, 7 Februari 2024 - 10:49 WIB

Larantuka, tvOnenews.com - Di penghujung perpanjangan masa tanggap darurat, Gunung api Lewotobi Laki-laki yang berstatus siaga, Rabu (7/2/2024) sekitar pukul 08.07 Wita, kembali meletus

"Pagi ini gunung kembali erupsi dengan durasi selama 1 menit 15 detik," kata Boby Lamanepa, petugas Pos Pengamatan gunung Lewotobi Laki-laki.

Dijelaskan Boby, aktivitas erupsi gunung dengan melontarkan kolom abu setinggi 700 meter dari puncak condong ke arah utara dan Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas tebal. 

"Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 47 mm," jelas Boby. 

Saat ini, lanjut Boby gunung Lewotobi Laki-laki masih berada pada Status Level III (Siaga), lantaran aktivitas vulkanik gunung berupa guguran dan lontaran lava pijar masih terus terjadi. 

"Untuk itu, kita dari Vulkanologi berharap agar masyarakat di sekitar Gunung Lewotobi Laki-laki dan pengunjung atau wisatawan tidak melakukan aktivitas apapun dalam radius 4 Km dari pusat erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki serta sektoral 5 km pada arah Utara-Timur Laut dan 6 KM pada sektor Timur Laut," tegasnya. (ofk/frd)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
10:12
09:50
01:33
03:27
01:09
Viral