Suasana banjir di 3 Desa di Sumbawsa, NTB. .
Sumber :
  • irwansyah

Banjir Bandang Melanda 3 Desa di Kecamatan Buer Kabupaten Sumbawa, 2 Rumah dan 1 Sepeda Motor Hanyut 

Kamis, 22 Februari 2024 - 08:43 WIB

Sumbawa, tvOnenews.com - 3 Desa di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, diterjang banjir bandang pada hari Rabu, 21 Februari 2024 sore hingga malam hari. Banjir yang dipicu oleh curah hujan tinggi terjadi di sejumlah desa, termasuk Desa Labuhan Burung, Desa Kalabeso, dan Desa Jurumapin, Kecamatan Buer.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sumbawa, M. Nurhidayat, melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumbawa, Rusdianto, Rabu (22/02/2024) merincikan di Desa Labuhan Burung, sebanyak 23 rumah terendam banjir yang disertai dengan lumpur. 

"Para warga membutuhkan bantuan untuk membersihkan rumah-rumah mereka dari lumpur yang menumpuk. Besok tim akan turun membantu warga," katanya. 

Sementara itu, Desa Kalabeso dilanda banjir yang merusak akses jalan tani karena satu jembatan limpas putus akibat tingginya air sungai dan puluhan hektare areal persawahan terendam banjir. 

"Lebih dari 40 kepala keluarga terdampak langsung, dengan sejumlah rumah dan satu PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) terancam longsor akibat erosi sungai," ungkapnya. 

Di Desa Jurumapin, banjir yang mencapai ketinggian setinggi lutut hingga pinggang orang dewasa mengakibatkan kerugian material, 2  rumah hanyut beserta satu sepeda motor, menyebabkan korban harus mengungsi di rumah keluarganya.

"Saat ini bantuan awal. Sudah diberikan kepada korban baik dari pemerintah dan relawan. Besok kita akan turun ke lokasi untuk membawa bantuan dan membantu warga membersihkan sisa banjir," ungkapnya lagi. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
Viral