Brongko, kuliner khas Kepaon, Bali.
Sumber :
  • aris wiyanto

Nikmatnya Brongko, Kuliner Khas Kampung Islam Kepaon di Bulan Ramadhan 

Jumat, 22 Maret 2024 - 16:02 WIB

Denpasar, tvOnenews.com - Kampung Islam Kepaon, di Kota Denpasar, memiliki kuliner khas bernama brongko yang hanya disajikan saat Bulan Ramadhan. Brongko adalah salah satu takjil berbuka puasa yang tidak boleh dilewatkan masyarakat Kampung Muslim Kepaon di Bulan Suci Ramadhan.

Zaenah (60) salah satu penjual takjil brongko yang berada di kawasan Masjid Besar Al-Muhajirin Kepaon, di Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar, mengatakan, brongko memang dijual saat Bulan Ramadan saja.

"Dari kita masih kecil sudah ada brongko. Saya jualan brongko sudah 25 tahun tapi jualan brongko hanya Ramadhan saja," kata Zaenah saat ditemui di lapak dagangan takjilnya, Kamis (21/3).

Brongko bahannya dari tepung kanji, santan, ada dari rempah-rempah seperti kayu manis, cengkeh, kapulaga, daun pandan dan bahan lainnya. Kemudian, untuk kuahnya cukup kental berwarna merah muda dan isian brongko berupa bulatan-bulatan kecil berwarna merah muda dan memiliki tekstur kenyal karena dibuat dari campuran tepung kanji dan brongko rasanya cukup manis dan nikmat.

Brongko biasanya disajikan dalam kondisi hangat tetapi juga bisa disajikan dengan ditambah es agar lebih segar.

"Untuk per cupnya saya jual Rp5 ribu. Setiap hari selama Ramadhan biasanya saya hanya produksi 30 cup dan semuanya terjual habis," imbuhnya.

Zaenah yang asli warga Kampung Muslim Kepaon menyampaikan, takjil brongko sudah sejak dahulu dari zaman buyutnya dan usahanya telah turun menurun dan kalau Ramadhan, banyak warga di luar Kampung Islam Kepaon mencari takjil brongko.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:26
01:54
01:18
02:35
02:56
03:32
Viral