penemuan gua di Tabanan, Bali.
Sumber :
  • tim tvone - aris wiyanto

Penemuan Gua Jaman Hindu-Budha, Diperkirakan untuk Bertapa atau Mediasi Penyucian Diri

Kamis, 9 Juni 2022 - 18:07 WIB

Tabanan, Bali - Penemuan gua jaman dulu yang terletak di Banjar Dalem, Desa Pejaten, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali, diperkirakan sudah ada sejak jaman Hindu-Budha

Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang mendatangi lokasi, memperkirakan gua tersebut digunakan untuk bertapa atau mediasi penyucian diri.

"Itu, setidaknya sudah jaman Hindu-Budda. Gua pertapaan untuk memenangkan diri atau penyucian diri," kata I Gusti Made Suarbhawa selaku Peneliti Ahli Madya, Organisasi Riset Arkeologi Bahasa dan Sastra, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), saat dihubungi Rabu (8/6).

Ia menerangkan, pada tanggal 21 Maret 2022 lalu, dari Brin sempat mendatangi lokasi gua. Tapi, belum melakukan penelitian secara kaidah keilmuan dan ilmiah, hanya sebatas melakukan observasi.

"Sempat peninjauan awal dan belum melakukan penelitian dalam artian yang betul-betul menggunakan kaidah-kaidah dalam penelitian ilmiah. Tapi, baru sebatas observasi awal, kita belum berani memastikan secara pasti," terangnya.

Suarbhawa yang merupakan mantan Kepala Balai Arkeologi Bali menyebutkan, bila dilihat dari konteks tempatnya, gua itu di sekitarnya juga ditemukan tempat-tempat suci, seperti penirtaan atau tempat pemandian suci dan juga daerah pertemuan sungai.

"Di sebelahnya ada tempat suci dan juga air penirtaan dan memang gua itu lebih mengarah artifikusial di dalamnya ada semacam ceruk-ceruk lagi. Meskipun, pembuatannya terkesan tidak rapi karena kondisi tanahnya agak rapuh," sebutnya.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:35
02:56
03:32
02:20
01:02
12:54
Viral