Lokasi gempa, Selasa (25/7)..
Sumber :
  • BMKG

Bali Diguncang Gempa Kekuatan M 3,7

Senin, 25 Juli 2022 - 18:45 WIB

Denpasar, Bali - Gempa bumi dengan magnitudo 3,7 mengguncang wilayah Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali, pada Senin (25/7) pukul 17:09 WITA.

Kepala Balai BMKG Wilayah III Denpasar, Bali, Cahyo Nugroho mengatakan hasil analisis menunjukkan bahwa gempa bumi tektonik berkekuatan M 3,7 ini berpusat di 7 km timur laut Kuta Selatan, Bali, pada kedalaman 11 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar mendatar (strike-slip fault ) di dasar laut," kata dia, dalam keterangan tertulisnya, Senin (25/7).

Sementara, berdasarkan laporan masyarakat guncangan gempa ini dirasakan warga di wilayah Denpasar, Kuta, Jimbaran dan Gianyar. Getaran dirasakan warga yang berada di dalam rumah, seperti getaran truk berlalu, di kawasan Kabupaten Klungkung getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

"Hingga saat ini, belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan tsunami dengan sumber gempa bumi tektonik menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," ungkapnya.

Hingga pada pukul 17:26 WITA, hasil monitoring BMKG menunjukkan tidak adanya aktivitas gempa bumi susulan. Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat, agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah," ujarnya.(awt/chm) 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
Viral