Peristiwa jembatan di Nusa Penida Ambruk, Jumat (16/12)..
Sumber :
  • tvOnenews/Aris Wiyanto

Beginilah Kronologi 35 Penumpang Nyemplung ke Laut Akibat Jembatan di Nusa Penida Bali Ambruk

Jumat, 16 Desember 2022 - 13:43 WIB

Denpasar, Bali - Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Bali, Kombes Pol. Stefanus Satake Bayu Setianto menerangkan soal peristiwa jembatan penghubung boat dengan dermaga ponton di Pelabuhan Banjar Nyuh, di Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali, yang ambruk, pada Kamis (15/12) sore.

Ia mengatakan, bahwa peristiwa itu terjadi sekitar pukul 16.45 WITA dan ada 35 orang penumpang yang terjun bebas ke laut karena ambruknya jembatan tersebut.

"Ambruknya jembatan penghubung antara darmaga utama dan plonton speed boat itu, disebabkan karena kelebihan muatan. Namun, hal tersebut tidak sampai mengakibatkan korban jiwa dan hanya mengakibatkan beberapa penumpang mengalami luka ringan," kata Kombes Pol Satake, Jumat (16/12).

Kronologinya, saat itu sebelum keberangkatan speed boat Semabu Hills yang akan menuju Pelabuhan Sanur, Denpasar, para penumpang yang banyak didominasi olah Warga Negara Asing (WNA) serta penumpang berwarga Negara India menunggu giliran untuk memasuki boat.

Namun, tiba-tiba jembatan penghubung antara darmaga utama dan plonton ambruk. Hal itu, diakibatkan karena sekitar 35 orang penumpang mencoba melintasi jembatan penghubung secara bersamaan dengan kontur jembatan yang tidak memungkinkan untuk dilintasi sebanyak itu.

"Sehingga menyebabkan jembatan ambruk dan penumpang berjatuhan ke laut yang menyebabkan kepanikan dan beberapa penumpang mengalami luka ringan," ujarnya. 

Sementara itu, Bupati Klungkung, Bali, I Nyoman Suwirta membenarkan peristiwa tersebut dan Pelabuhan Banjar Nyuh, dibawah pengelolaan Unit Penyelenggaraan Pelabuhan (UPP) Nusa Penida.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:26
01:54
01:18
02:35
02:56
03:32
Viral