Seorang pasien umum anak saat sedang menjalani perawatan di ruang rawat inap anak RSU Kota Tangsel.
Sumber :
  • tim tvonenews/Rizki amana

Obat Sirop Diduga Picu Gagal Ginjal Akut, RSU Kota Tangsel Ganti Puyer untuk Obat Anak

Sabtu, 22 Oktober 2022 - 23:33 WIB

Tangerang Selatan, Banten - Rumah Sakit Umum Kota Tangerang Selatan (RSU Kota Tangsel) mengganti penggunaan obat sirop pasca banyak ditemukan kasus penyakit gagal ginjal akut pada anak. 

Humas RSU Kota Tangsel, Lasdo mengatakan pihaknya memastikan tak lagi menggunakan obat sirop bagi para pasiennya baik anak-anak hingga orang dewasa. 

Menurutnya khusus pada pasien anak pihaknya menggunakan obat berupa puyer atau serbuk sebagai pengganti obat sirop yang diduga menjadi pemicu penyakit gagal ginjal akut. 

"Diganti itu dengan obat-obatan jenis lain karena yang dicurigai itu kan pelarutnya, jadi saat ini dokter dari spesialis anak memutuskan untuk memakai puyer semua," kata Lasdo di RSU Tangsel, Banten, Sabtu (22/10/2022). 

Lasdo menuturkan bagi pasien dewasa, pihaknya telah merumuskan pergantian obat sirop sejak banyak ditemukan kasus penyakit gagal ginjal akut pada anak yang dicurigai akibat konsumsi obat sirop. 

Menurutnya khusus pasien dewasa para dokter bakal mengganti dengan berbagai macam obat yang memiliki kandungan senyawa dan manfaat yang sama dengan obat sirop yang ada. 

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
Viral