Sebanyak 7 orang muadzin mengumandangkan panggilan adzan sholat jumat berjamaah di Masjid Sang Cipta Rasa..
Sumber :
  • Tim tvOne - Erfan Septyawan

Unik, Kumandang Adzan 7 Muadzin di Masjid Sang Cipta Rasa

Senin, 27 Maret 2023 - 23:50 WIB

Cirebon, Jawa Barat - Masjid Sang Cipta Rasa memiliki cara unik dalam mengumandangkan adzan di setiap hari Jumat. Ada tujuh orang muadzin yang menyerukan adzan untuk memanggil jamaah untuk menunaikan sholat jumat berjamaah.

Kota Cirebon memiliki kaya akan peninggalan sejarah dan budaya islam yang ada di tanah Jawa. 

Salah satunya adalah seperti yang biasa dilakukan di sebuah masjid di Kota Cirebon, Jawa Barat. 

Yaitu Masjid Sang Cipta Rasa yang merupakan salah satu masjid tertua di Kota Cirebon . Masjid yang didirikan pada era sunan kalijaga pada tahun 1480 masehi itu memiliki keunikan tersendiri dibandingkan masjid masjid yang ada di Kota Cirebon. 

Keunikan dari masjid itu setiap panggilan salat jumat dimasjid ini selalu di kumandangkan oleh tujuh orang muadzin. Masyarakat cirebon biasa menyebutnya adzan pitu. Taadisi ini sudah di lakukan lebih dari 500 tahun silam. 

Pengurus masjid Sang Cipta Rasa, Mochamad Ismail mengatakan dalam sejarah awalnya adzan pitu dilakukan untuk mengusir wabah penyakit kiriman(sihir) yang di kirim oleh orang yang tak dikenal yang tidak menyukai keberadaan masjid ini pada era sunan kalijaga. 

" Zaman dulu masjid sang cipta rasa ini di datengin para non Muslim yang ingin mendengarkan adzan, namun ada salah satu tokoh non Muslim yang sakit yang tak suka akhirnya dikirim lah santet di sekitar area masjid". Ujarnya Senin (27/03/2023). 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
03:01
Viral