Polisi menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP) pencurian uang nasabah di ATM modus ganjal kartu di mesin.
Sumber :
  • timtvOnenews.com - Denden Ahdani

Waspada! Marak Pencurian Modus Ganjal ATM di Tasikmalaya, Uang Rp150 Juta Raib Dalam 20 Menit

Senin, 10 Juli 2023 - 14:08 WIB

Tasikmalaya, tvOnenews.com - Pencurian dengan modus ganjal mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) terjadi di Jalan Ahmad Yani, Kota Tasikmalaya, Senin (10/07/2023). Seorang pria, yang hendak mengambil uang cash di mesin ATM BRI mengalami kerugian Rp150 juta.

Setelah kejadian, korban yang enggan ditulis identitasnya itu langsung melapor ke polisi. Petugas kepolisian dari Satreskrim Polres Tasikmalaya Kota yang mendapat laporan langsung mendatangi lokasi untuk melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan memintai keterangan dari sejumlah saksi.

Informasi yang dihimpun, korban yang saat itu tengah berolahraga pagi menggunakan sepeda berniat mengambil uang ke mesin ATM. Kemudian, kartu ATM korban tersangkut. Korban yang kebingungan didatangi oleh pelaku untuk ditolong. 

Saat korban panik, pelaku yang pura - pura menolong itu menanyakan nomor pin ATM korban. Usai mendapatkan pin, pelaku langsung meninggalkan mesin ATM sambil menunggu korban beranjak pulang. Setelah itu, pelaku membongkar mesin ATM untuk mengambil kartu ATM milik korban yang sebelumnya sudah diketahui pinnya. 

Korban yang merasa curiga, akhirnya melakukan pengecekan mutasi rekening ke Kantor Bank BRI. Dari hasil mutasi rekening korban, ternyata uang sebanyak Rp150 juta sudah raib digasak pelaku. Dari mutasi terlihat, para pelaku menggasak uang korban menggunakan tarik tunai dan melalui transfer. Uang senilai Rp150 juta itu raib dalam rentan waktu kurang lebih 20 menit.

Salah seorang petugas parkir di lokasi kejadian, Rizal mengatakan, ia selalu mengingatkan warga yang hendak mengambil uang di mesin ATM tersebut agar berhati - hati dan tidak boleh memberikan nomor pin ATM kepada orang yang pura - pura menolong jika mesin ATM mengalami gangguan.

"Katanya yang barusan korban habis 150 juta, korbannya bapak - bapak. Kadang saya suka mengimbau kepada para warga yang mau ngambil uang di sini, kalau ada yang pura - pura menolong jangan mau. Biarin aja ketelan ATMnya kalau gangguan. Kalau si bapak yang tadi kayaknya diminta pin. Kalau pagi - pagi belum ada orang di sini, sepi," kata Rizal.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:32
06:34
05:09
01:34
02:08
01:24
Viral