Gubernur Jawa Barat (Gubernur Jabar), Ridwan Kamil.
Sumber :
  • tim tvone - cepi

Ekstrem! Ridwan Kamil Turun dari Tebing Setinggi 35 Meter di Curug Cikondang, Gubernur Jabar Ceritakan Pengalamannya

Minggu, 23 Juli 2023 - 14:01 WIB

Jabar, tvOnenews.com - Baru-baru ini Gubernur Jawa Barat (Gubernur Jabar), Ridwan Kamil melakukan hal yang ekstrem. Pasalnya, orang nomor satu di Jabar itu menjajal wisata ekstrem dengan menuruni Curug Cikondang di Kabupaten Cianjur.

Di mana diketahui bahwa, tebing yang dituruninya itu memiliki ketinggian sekitar 35 meter lewat.
 
"Berani turun dari tebing air terjun, saya sudah mencobanya di Curug Cikondang Cianjur bersama cora ropejump. Luar biasa, sekali seumur hidup mah harus," kata Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, Minggu (23/7/2023).

Selain itu dia menuturkan, ada 400-an wisata curug atau air terjun di Jawa Barat yang patut dieksplorasi, termasuk Curug Cikondang yang memiliki beberapa air terjun kecil.
.
"Mari eksplorasi keindahan alam Pasundan ini. Jangan selalu pergi ke tempat yang begitu-begitu aja. Mumpung sehat dan sempat," kata Ridwan Kamil.
 
Beberapa destinasi wisata air terjun favorit di Jabar Jawa Barat diantaranya Curug Malela yang berundak-undak dan merupakan salah satu magnet wisata di Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat. 


Gubernur Jawa Barat, M Ridwan Kamil menjajal wisata ekstrem dengan menuruni Curug Cikondang di Kabupaten Cianjur.

Curug ini memiliki lebar 55 meter dengan tinggi 60 meter dan sering disebut kembaran air terjun Niagara dari Bandung.
 
Selain Curug Malela ada Curug Katumbiri, Curug Manglid, Curug Ngebul, Curug Sumpel, Curug Palisir dan Curug Pameungpeuk di Bandung Barat. Objek wisata ini berjarak sekitar 69 kilometer dari Gedung Sate, Kota Bandung.

 
Kedua ialah Curug Cikaso yang merupakan salah satu bagian dari Geopark Ciletuh. Lokasinya di Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi.  

Menuju Curug Cikaso dari pintu masuk destinasi, wisatawan bisa menggunakan perahu dan menempuh perjalanan sekitar 1 kilometer menyusuri sebuah sungai atau berjalan kaki sambil melihat persawahan dan pepohonan.
 
Curug Cikaso menawarkan keindahan air terjun jernih berwarna hijau kebiruan yang dikelilingi pepohonan yang rimbun. Banyak wisatawan yang menganggap curug ini seperti lukisan karena saking indahnya. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral