PNM (Permodalan Nasional Madani) Cabang Garut, Jawa Barat.
Sumber :
  • timtvOnenews.com - Taufiq Hidayah

Warga Satu Kampung Terjerat Pinjaman Fiktif "Bank Emok", Ini Kata Wakil Bupati Garut

Senin, 24 Juli 2023 - 16:16 WIB

Garut, tvOnenews.com - Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman, menanggapi kasus kebocoran data pribadi 407 warganya yang dijadikan anggunan pinjaman fiktif "Bank Emok". Helmi menyoroti lemahnya proses verivikasi pencairan pinjaman yang menyebabkan banyak pihak yang dirugikan. 

Helmi menyebut akibat kelalaian tersebut menimbulkan 2 korban sekaligus. Korban pertama adalah 407 warga desa yang namanya dicatut, dan korban kedua adalah PT. PNM yang menderita kerugian materiil. 

"Masih memantau, cuma disini yang dirugikan materi jelas PNM, masyarakat juga dirugikan secara moril, mereka ditagih. Intinya minta diusut tuntas, kan dampaknya banyak," kata Helmi Budiman, Wakil Bupati Garut, Senin (24/07/2023).

Ia juga menganggapi proses pencairan pinjaman yang diberikan PT PNM terlalu mudah, sehingga menabrak proses verifikasi pencairan. 

"Mau dipermudah kan proses verifikasi kan harus, ini bagai mana verifikasinya, saya kira dipermudah pinjaman, prosedural utama ini kan perlu verifikasi. Kalo prosedurnya dihilangkan sama sekali ya terjadi seperti ini," tambahnya.

Selain itu, saat ini Kepolisian Resor (Polres) Garut  masih menyelidiki bocornya data warga. Saat ini sejumlah saksi sudah diperiksa termasuk perangkat desa. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
11:01
01:35
03:35
03:51
02:43
03:42
Viral