Spanduk tuntutan aksi unjuk rasa warga terdampak pembangunan Tol Cisumdawu di Sumedang, Jawa Barat.
Sumber :
  • timtvOne - Lutfi Setia Rafsanjani

Warga Terdampak Tol Cisumdawu Gelar Unjuk Rasa, Blokade Jalan Nasional Tuntut Ganti Rugi

Selasa, 15 Agustus 2023 - 19:00 WIB

Sumedang, tvOnenews.com - Kesal tidak ada kejelasan saat berorasi di depan Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN), ratusan warga dari tiga Desa melakukan aksi blokade Jalan Nasional Bandung-Cirebon, di Kawasan Binokasih, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Selasa (15/08/2023). 

Aksi ini dilakukan, lantaran tuntutan ganti rugi terkait dampak pembangunan Tol Cisumdawu hingga saat ini masih belum dipenuhi.

Didepan Kantor BPN Sumedang, massa menutup jalan dengan berdiri disertai orasi dari Koordinator Aksi. sementara sejumlah ibu-ibu yang memilih untuk duduk di tengah jalan sebagai bentuk aksi protes.

Akibat dari aksi blokade jalan ini, arus lalulintas di kedua arah sempat lumpuh total. Sejumlah kendaran roda dua dan minibus memilih memutar balik untuk melewati jalur alternatif, sementara kendaraan besar terjebak kemacetan hingga 2 kilo meter.

Aksi blokade Jalan Nasional ini pun akhirnya bubar setelah Kapolres Sumedang hadir di tengah-tengah massa aksi untuk meminta jalur agar dibuka. Ratusan massa pun bergeser ke Kantor Pemkab Sumedang untuk Melakukan beraudensi dengan Bupati Sumedang.

Warga terdampak tol Cisumdawu, Cucu mengaku sudah lelah dengan janji yang diberikan oleh pemerintah Kabupaten Sumedang. Hingga saat ini belum ada kejelasan.

"Iya ini udah beberapa kali demo untuk menuntut kepastian kan belum ada yang dibayar terkena dampak. Rumah saya terlalu tinggi di atas Jalan Tol, gimana kalau ada hujan kan takut longsor, saya pengen direlokasi dan pengen ada kepastian," kata Cucu.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:25
01:50
23:20
10:14
01:42
10:39
Viral