Kendaraan watergwn milik Polres Garut..
Sumber :
  • Taufiq Hidayah

Krisis Air Bersih Di Garut Meluas, Polisi Mengerahkan Kendaraan Pengubah Air Kotor Menjadi Layak untuk Dikonsumsi

Selasa, 22 Agustus 2023 - 17:19 WIB

Garut, tvonenews.com - Krisis air bersih di Garut, Jawa Barat, terus meluas hingga berdampak ke 6 kecamatan. Untuk memenuhi ketersediaan air bersih masyarakat, Polres Garut kini mengerahkan kendaraan watergen (kendaraan pemurnian air kotor menjadi bersih) serta mobil patroli untuk menyalurkan pasokan air.

Watergen hari ini Selasa (22/8/2023) disiagakan di Kecamatan Cigedug Garut, banyak warga di wilayah ini yang terdampak krisis air bersih, karena sumber air sumur sudah mengering sejak 3 bulan terakhir.

"Dikarenakan musim kemarau yang berkepanjangan, air di daerah Kampung Siderang Datar, Desa Cintanagara, Kecamatan Cigedug, Kabupaten Garut mengalami kekeringan dan kelangkaan air bersih. Jadi alat watergen ini bisa mengubah air kotor menjadi air laik pakai, kemudian masyarakat bisa menggunakannya untuk kebutuhan sehari-hari," kata Iptu Masrokan, Kasat Sabhara Polres Garut, Selasa (22/8/2023).

Ia juga menambahkan bahwa masyarakat tak perlu takut atas kekurangan air bersih, pihaknya akan terus membantu memasok air bersih ke wilayah yang terdampak kekeringan.

“Jadi masyarakat ada yang membawa jeriken, ada yang membawa botol air galon bekas dan ember. Nah nanti kita pasok menggunakan mobil patroli, sehingga warga tak perlu berat memikul air dari jauh, kita antarkan ke lokasi,” tutupnya.

Disiagakannya kendaraan watergen merupakan terobosan baru dari Polres Garut, sehingga untuk mengangkut air bersih masyarakat tak perlu repot mondar mandir. Watergen cukup siaga di lokasi yang terdapat sumber air, lalu mengubah air kotor menjadi air bersih.(thh/rfi)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
03:57
11:28
10:12
09:50
01:53
Viral