Lokasi tebing longsor di Garut..
Sumber :
  • Taufiq Hidayah

Tebing 30 Meter Jebol, Jalan Raya Banjarwangi Garut Tertutup Longsor

Senin, 28 Agustus 2023 - 17:44 WIB

Garut, tvOnenews.com - Tak ada hujan tak ada angin, ataupun gempa bumi, tebing setinggi 30 meter di Garut, Jawa Barat, Senin (28/8/2023) tiba-tiba longsor dan menutup badan Jalan Raya Banjarawangi. Meski tak ada korban jiwa, namun akses kendaraan sementara terputus.

Longsor tebing tersebut ternyata akibat gerusan pembangunan rumah warga. Longsor tepat berada di Kampung Legok, Blok Punclut, Desa Banjarwangi, Kecamatan Banjarwangi. Akibat longsoran ini, akses dari Kecamatan Cikajang menuju Kecamatan Singajaya dan Kecamatan Peundeuy terputus.

"Kejadian longsor, seluruhya badan jalan tertutupi material longsor. Kemungkinan adanya penggalian tanah untuk bangunan, sehingga tanpa ada hujan terjadi longsor," kata Iptu Amirudin Latif, Kapolsek Banjarwangi kepada tvOnenews.com, Senin (28/8/2023).

Sementara akses dari Cikajang menuju Banjarwangi, Singajaya dan Peundeuy tak bisa dilalui kendaraan roda empat maupun lebih. Sedangkan akses untuk pejalan kaki dan pemotor tengah dibuat oleh aparat TNI-Polri dibantu masyarakat.

Untuk membuka akses diperlukan alat berat dari Dinas PUPR untuk proses evakuasi material longsor yang menutup jalan. Adapun panjang longsoran yaitu 30 meter dengan ketebalan lebih dari 3 meter.(thh/rfi)
 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
08:23
01:23
01:35
01:45
01:54
01:47
Viral