Penjabat (PJ) Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin di Bandung..
Sumber :
  • Cepi Kurnia

Pj Gubernur Jabar Klaim Meskipun Harga Beras Masih Tinggi, namun Pasokan Masih Tercukupi

Rabu, 8 November 2023 - 13:33 WIB

Bandung, tvOnenews.com - Meskipun harga beras sampai saat ini masih terlampau tinggi, Penjabat (PJ) Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin mengatakan bahwa pasokan beras di Jawa Barat terbilang aman.

Menurutnya pasokan beras sampai Rabu (7/11/2023), tersedia sebanyak 87 ribu ton. Sementara untuk bantuan pangan hingga Desember, tiap bulannya membutuhkan 41 ribu ton dan untuk konsumsi lainnya 5 ribu ton.

"Jadi 46 ribu ton tapi besok, Senin akan tiba beras 35 ribu ton di Patimban. Jadi secara keseluruhan masih aman hingga akhir tahun," kata Bey Triadi Machmudin usai melakukan peninjauan di Cisaranten Kulon, Kota Bandung bersama Pj Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono, Selasa (7/11/2023).

Selain itu, pihaknya juga bakal mengupayakan memenuhi ketersediaan beras dan cabai yang kini turut mengalami kenaikan. Mengingat pada gelar Gerakan Pangan Murah (GPM) Kota Bandung, harga yang ditawarkan masih terjangkau.

"Untuk hari ini saya juga meninjau Gerakan Pangan Murah. Jadi ada upaya pemerintah provinsi dengan koordinasi bersama kabupaten/kota untuk membantu masyarakat akan harga. Cabai itu kita mendistribusikan dari daerah yang surplus ke yang defisit. Seperti di sini (Gerakan Pangan Murah) Rp 70 ribu. Kita upayakan juga untuk bisa masuk ke pasar-pasar. Kita juga akan menjajaki antar daerah, antar provinsi (penyediaan)," ucapnya.

Mengenai GPM, lebih lanjut Bey mengatakan hingga penghujung 2023, Jawa Barat akan melakukan 31 kegiatan lagi.
Di mana rencananya GPM akan terus dilanjutkan hingga Juni 2024 mendatang.

"Ini (GPM) ke 85. Akan ditambah lagi 31. Tidak di Kota Bandung tapi di Jawa Barat. Bantuan pangan sampai Desember. Barusan dapat informasi dari Badan Pangan (Bapanas), Pak Arief (Kepala Bapanas Arief Prasetyo) diperpanjang hingga Juni 2024," ungkapnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
22:31
02:12
09:21
17:30
00:55
01:19
Viral