Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat.
Sumber :
  • tvOnenews.com - Cepi Kurnia

Kasus Cacar Monyet di Jabar Bertambah 1 orang, Pasien Isoman di Bogor 

Selasa, 21 November 2023 - 14:15 WIB

Bandung, tvOnenews.com - Dinas Kesehatan Jawa Barat kembali mencatat adanya penambahan penyebaran cacar monyet (monkeypox) atau Mpox di Jawa Barat. Terbaru satu warga Kabupaten Bogor positif. Total enam orang sudah terpapar penyakit tersebut.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Jawa Barat Rochady Hendra Setya Wibawa mengatakan, untuk penambahan satu kasus cacar monyet terkonfirmasi pada 18 November lalu asal  pasien dari Kabupaten Bogor ini tengah menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah.

"Jumlah kasus Positif di Jawa Barat ada enam orang dan sudah tidak ada yang di rawat, adapun yang di rumah kami terus pantau dalam 21 hari kedepan," kata  Rochady, saat dihubungi, Senin (20/11/2023).

Rochady melanjutkan, cacar monyet dapat dicegah dengan menjaga prilaku hidup sehat dan menghindari seks menyimpang sebab sejauh ini sebagian besar kasus yang terjadi dialami oleh pengidap HIV positif.

Sebelumnya cacar monyet pertama kali ditemukan di Jawa Barat, berasal dari salah satu warga Kota Bandung dan kini telah dinyatakan pulih. Selanjutnya seorang warga Karawang, Kota Cirebon, Kota Depok, Kota Bekasi dan Kabupaten Cirebon.

Di Indonesia, cacar monyet tercatat telah menginfeksi 49 orang pasca dinyatakan positif, dimana 29 orang telah dinyatakan sembuh. Di antaranya berasal dari lima provinsi yakni DKI Jakarta, Banten, Jabar, Jawa Timur dan Riau. 

(cep/ fis)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral