Proses pengeringan situ seluas 12 hektare di Garut..
Sumber :
  • Taufiq Hidayah

Bukan Mitos Dibantu Jin, Warga Garut Kuras Danau Seluas 12 Hektare dengan Tangan Kosong, Kok Bisa?

Selasa, 26 Desember 2023 - 17:10 WIB

Garut, tvOnenews.com - Tradisi unik menguras sebuah situ atau danau seluas 12 hektare di Garut, Jawa Barat, dilakukan masyarakat Kecamatan Karangpawitan. Kegiatan yang sebelumnya hanya terjadi dalam dongeng atau mitologi di berbagai cerita masyarakat itu, ternyata mampu dilakukan oleh manusia biasa. Di mana ratusan warga mengeringkan sebuah danau atau situ, yang di dalamnya terdapat 15 ton ikan yang kemudian diambil oleh warga secara cuma-cuma.

Situ atau danau yang memiliki kedalaman 7 meter itu dikuras alias dikeringkan untuk membersihkan lumpur yang ada di dasar danau.

Kegiatan yang dianggap aneh oleh sebagian pihak tersebut seharusnya memerlukan alat cangging berupa mesin penyedot air berukuran besar, namun proses pengeringan air yang ada di situ Cidahu ini dilakukan manual oleh ratusan warga Karangpawitan. Di mana ada saluran pembuangan air yang memiliki 7 buah penutup, lalu satu per satu penutup itu dibuka.

"Butuh waktu 7 hari 7 malam, gak tiba-tiba bisa kering kaya cerita dongeng, masyarakat semuanya bantu, jadi pintu air di pembuangan dibuka tiap satu tahap, jika semua langsung dibuka bisa banjir bandang permukiman," kata Agus Gunawan, pengelola situ Cidahu, Selasa (26/12/2023).

Ikan yang ada di danau diberikan secara cuma-cuma kepada ratusan warga yang ingin menjaring. Fantastis, total bobot ikan di situ ini mencapai berat hingga 15 ton.

"Ini pesta rakyat Kecamatan Karangpawitan, ya kita berikan kepada warga gratis. Kalo dijumlah ada 15 ton," tambahnya.

Tradisi menguras situ Cidahu merupakan ajang silaturahmi masyarakat Kecamatan Karangpawitan, di mana hampir ratusan warga, di antaranya anak-anak, dewasa, orang tua, pria maupun emak-emak, kompak berkumpul gembira seraya mengambil ikan secara gratis dari situ.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral