Tangkapan layar saat kereta berhenti di palang pintu perlintasan..
Sumber :
  • Istimewa

Beredar Video Kereta Api Anjlok dan Miring di Ciawi Tasikmalaya, Benarkah ? Ini Penjelasannya

Selasa, 9 Januari 2024 - 17:47 WIB

Tasikmalaya, tvOnenews.com - Warga Tasikmalaya dibuat heboh dengan beredarnya video amatir bernarasi sebuah kereta api anjlok di Jalan Raya Ciawi, tepatnya di Kampung Karangasem, Desa Pakemitan Kota, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya, Selasa (9/1/2024) sore.

Dalam video yang diunggah oleh sebuah akun di Facebook tersebut, terlihat kereta api berhenti di palang pintu perlintasan dengan posisi gerbong agak miring, saat berada di tikungan.

"Innalilahi, kereta anjlok di Karangasem," kata perekam video yang viral tersebut.

Saat ditelusuri, ternyata video berdurasi 20 detik tersebut tidak benar atau hoaks. Berhentinya kereta api di lokasi tersebut memang benar, namun kereta api tersebut tidak mengalami anjlok.

Manajer Humas KAI Daop 2 Bandung Ayep Hanepi memastikan video tersebut hoaks. Saat pengambilan video pun belum diketahui kepastiannya. Ayep pun mengaku sudah mengonfirmasi hal ini ke pusat pengendali kereta dan hari ini tak ada kejadian kecelakaan kereta api. 

"Itu hoaks, sudah dipastikan. Videonya juga gak tahu kapan, beredarnya sekarang. Saya barusan udah tanya ke pusat pengendali kereta, gak ada kejadian," kata Ayep Hanepi, saat dikonfirmasi tvOnenews, Selasa (9/1/2024).

Ayep menyebut, jika dilihat dari video yang viral, kereta yang dimaksud bukan anjlok, tetapi proses menunggu sinyal saat akan memasuki Stasiun Ciawi, yang jaraknya tinggal beberapa meter dari lokasi kejadian.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral