Petugas masih melakukan proses pencarian korban hilang.
Sumber :
  • tvOnenews.com - Ilham Ariyansyah

BNPB Berencana Gunakan Modifikasi Cuaca Untuk Hindari Longsor Susulan dan Mempercepat Pencarian Korban Tertimbun di Cipongkor Bandung Barat

Rabu, 27 Maret 2024 - 15:01 WIB

Bandung Barat, tvOnenews.com - Untuk mempercepat operasi penanganan pencarian korban tertimbun longsor di Kampung Gintung, Kecamatan Cipongkor, Bandung Barat, Jawa Barat, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berencana akan menggunakan modifikasi cuaca di wilayah bencana. 

Hal itu disampaikan langsung oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto saat meninjau posko pengungsian di SD Cibenda pada Rabu (27/03/2024). 

Ia menyebutkan, untuk menghindari longsor susulan di lokasi bencana pihaknya akan berupaya dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memodifikasi cuaca di wilayah Bandung Barat. 

"Karena takut terjadi Longsor susulan ini kita upayakan dengan BMKG terutama cuaca untuk hujan untuk dikurangi memakai tehnologi modifikasi cuaca," kata Suharyanto kepada wartawan. 

Kemudian kata Suharyanto, setelah tanggap darurat bencana selesai, dirinya menyarankan agar semua pemilik rumah di Kampung Gintung Cibenda agar segera direlokasi ke tempat yang lebih aman. 

"Pasca nanti tanggap darurat selesai ini ada beberapa ratus rumah harus direlokasi, untuk yang terdampak atau hilangnya sendiri ada 30 rumah , tapi tentu saja untuk relokasi bukan hanya 30 rumah tapi mungkin sekelilingnya juga dirasa kurang aman ini akan direlokasi ke tempat yang lebih aman,"ucapnya.

Di hari ketiga ini Suharyanto juga menyampaikan, pemerintah sudah melakukan proses penyiapan lahan yang aman bagi para korban longsor tersebut. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:32
06:34
05:09
01:34
02:08
01:24
Viral