Air Terjun Cikaso, Sukabumi.
Sumber :

Pesona Air Terjun Cikaso di Sukabumi, Serasa Berpetualang di Hutan Amazon

Jumat, 7 Januari 2022 - 16:14 WIB

Sukabumi, Jawa Barat – Tidak perlu pergi ke Amerika Selatan kalau mau menikmati pemandangan bak Sungai Amazon. Datang saja ke Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Anda akan disuguhkan sebuah objek wisata yang terkenal akan keindahan alamnya, yaitu Air Terjun Cikaso.

Menuju tempat wisata ini sangatlah mudah. Akses masuk ke jalan nasional Surade—Tegalbuleud, sekitar delapan kilometer. Kendaraan roda dua dan roda empat bahkan bisa masuk ke area parkir yang sangat luas dan berada tepat di pinggir sungai Cikaso.

Perjalanan menuju Air Terjun Cikaso ini ada beberapa alternatif, bisa lewat jogging track sepanjang 450 meter dari area parkir, atau juga naik perahu menyusuri Sungai Cikaso dengan waktu tempuh sekitar 5-10 menit.

Para wisatawan sering memilih menggunakan perahu untuk menuju Air terjun Cikaso tersebut, ada sensasi yang lebih seru saat menjajal Sungai Cikaso menuju Air Terjun Cikaso. Sepanjang menyusuri sungai, wisatawan akan disuguhi pemandangan alam yang memanjakan mata. Hamparan sungai yang lebar, pepohonan rimbun yang menutupi sungai sepanjang jalan menuju air terjun tersebut.

"Mantap! Saya bersama teman teman dari Cimahi Bandung, sudah dua kali sama sekarang ke Air Terjun Cikaso," ucap Erwin (35 tahun).

Para wisatawan sering menyebut membelah Sungai Cikaso bagaikan berperahu di Sungai Amazon.
"Airnya sejuk, pemandangannya kayak Sungai Amazon. Jadi saya ketagihan untuk kembali mengunjungi Air Terjun Cikaso, saya bersama teman-teman sering mengunakan perahu untuk menuju ke air terjun, selain untuk istirahat, dan juga untuk memanjakan mata sepanjang jalan menuju air terjun tersebut, baru pulang nya jalan kaki," kata Erwin lagi.

Erwin juga merasa berwisata ke wilayah Kabupaten Sukabumi ini sangat terjangkau.

“Ya tadi bayar sewa perahu sangat murah sekali, karena bayarnya mungkin patungan bersama teman-teman sebanyak 8 orang,'' tambahnya.

Kendati demikian, Erwin berharap objek wisata Air Terjun Cikaso lebih dibenahi, serta fasilitas publiknya lebih diperhatikan. Terutama di masa pandemi seperti sekarang.

"Kita juga berwisata tetap menerapkan protokol kesehatan," tandasnya.
Sementara itu, Teguh, pemilik jasa angkutan perahu warga Kampung Ciniti Desa Cibitung mengatakan, untuk tarif mengantarkan wisatawan ke Curug Cikaso sebesar Rp65 ribu sekali jalan dengan kapasitas maksimal 10 orang.
"Kami mengantarkan wisatawan, dan menunggu sampai jam berapa pun rombongan kembali pulang," ucapnya.

Di masa pandemi Covid-19, jumlah pengunjung Air Terjun Cikaso dibatasi hanya 50 persen. (Rizki Gustana/Hdi/RW)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:24
02:47
02:23
01:31
03:15
01:19
Viral