Gunung seweren desa citaman nagreg, Kabupten Bandung, Jawa Barat..
Sumber :
  • tim tvOne - Suhendar

Impian Hadirnya Replika Kerajaan Kendan untuk Tingkatkan Perekonomian Warga Nagreg 

Sabtu, 8 Januari 2022 - 10:57 WIB

Bandung, Jawa Barat - Kerajaan Kendan adalah salah satu kerajaan bercorak Hindu-Buddha yang berdiri di Tatar Sunda yang didirikan oleh Resiguru Manikmaya pada 536 Masehi.

Pusat Kerajaan Kendan berada di wilayah Desa Nagreg Kendan dan Desa Citaman, Kecamatan Nagreg, Bandung dan pertama kali didirikan, Kerajaan Kendan berada di bawah lindungan Kerajaan Tarumanegara.

Masa kekuasaan kerajaan ini berakhir saat raja terakhirnya, Wretikandayun, memilih untuk mendirikan kerajaan baru yang berpusat di Galuh.

Guna menghidupkan lagi suasana pada masa kerajaan Kendan dan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat, kepala desa citaman bersama dinas kebudayaan Kabupaten Bandung akan membuat sebuah replika Kerajaan Kendan yang rencananya akan dibangun di kawasan situs batu kursi.

Kepala Desa Citaman, Nagreg, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Yayan Heryana, akan membentuk sebuah program desa demi membantu warga di sektor ekonomi dengan membuat wisata replika kejaraan Kendan.

Sebab, kata dia, saat ini warga di Desa Citaman hanya mengandalkan penghasilan dari sektor pertanian dan kerajinan batu bata.

Yayan pun berinisiatif untuk memaksimalkan potensi-potensi yang ada di wilayah Desa Citanam, salah satunya yakni situs Batu Kursi di kaki Gunung Serewen yang sarat akan kearifan lokal dan sejarah kerajaan kendan.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:24
07:59
02:28
01:48
Viral