Bripda Gilang saat memberi pakan bibit ikan.
Sumber :
  • tim tvOne - Taufik Hidayah

Bripda Gilang, Polisi Muda Asal Polres Garut yang Mahir Meringkus Pelaku Kriminal dan Cakap Budidayakan Ikan Nila Menjadi Cuan

Rabu, 19 Januari 2022 - 17:06 WIB

Garut, Jawa Barat - Kepolisian Resor Garut patut berbangga dengan seorang anggotanya. Ia adalah Bripda Gilang Muhamad Ramdan yang mahir dalam budi daya ikan nila dan ikan koi. Ditangannya, ia dapat menyulap kolam milik warga yang tak produktif menjadi mesin penghasil uang.

Sehari-hari Bripda Gilang Muhamad Ramdan bertugas di unit Sancang Polres Garut. Polisi muda itu dikenal mahir dalam meringkus pelaku kejahatan. Namun, tak hanya itu saja kemampuan yang dimiliki oleh Bripda Gilang. Ternyata ia cakap juga dalam membudidayakan ikan nila dan ikan koi.

Ditengah masa pandemi covid-19 yang tak berujung, Polres Garut melakukan beragam cara untuk mengolah kearifan lokal untuk menjadi sesuatu yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Peran dan kemampuan yang dimiliki oleh Gilang begitu biasa ia disapa, mampu mengolah kolam masyarakat yang tak produktif menjadi produktif.

Gilang rela merogoh kocek untuk menyewa kolam milik warga yang terbengkalai dengan harga kisaran Rp. 5 juta - Rp. 6 Juta per tahun. Dengan metode sewa ini, Gilang bisa memberikan penghasilan tambahan bagi pemiliknya.

"Ya usaha ikan sejak sebelum jadi polisi pa, sewa kolam milik orang lain, karena saya ga punya kolam. Jadi pas sudah disewa kita urus kolamnya sudah sehat sudah layak baru dibibiti ikan nila,"kata Gilang kepada tvonenews.com, Rabu (19/1/2022).

Kolam yang sudah ia sewa dari warga kemudian ditanami bibit ikan. Per kolam biasanya ia menaruh 50 Kg bibit ikan yang akan dipanen 2 bulan kemudian. Dalam kesehariannya, Gilang tak sendirian dalam mengurus kolam dan merawat bibit ikan. Ia mempekerjakan warga yang ditugasi untuk memberi pakan dan sirkulasi.

"Saya bawa pekerja l, ga mungkin sendiri, kan kalo saya dinas kolam yang urus pasti pekerja. Saya tanami bibit nila misalnya, biasanya 50 Kg untuk satu kolam, saya untuk tahun ini ada 6 kolam yang sewa kepada masyarakat," tambah Gilang.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:52
02:08
02:13
01:10
01:07
03:09
Viral