Patung dewa di Klenteng Talang Cirebon dibersihkan.
Sumber :
  • Erfan Septiawan

Menjelang Tahun Baru Imlek, Sejumlah Patung di Klenteng Talang Dibersihkan 

Kamis, 27 Januari 2022 - 08:56 WIB

Cirebon, Jawa Barat - Kurang dari sepekan menjelang perayaan Imlek, 3 patung dewa dan 1 patung nabi di Klenteng Talang, Kota Cirebon dibersihkan dengan cara disikat dan dimandikan air kembang. 

Memandikan patung atau rupang adalah salah satu rangkaian menyambut Hari Raya Imlek. Humas Majelis Agama Konghucu Indonesia (MAKIN) Kota Cirebon Yohanes Suyono, menjelaskan patung-patung itu dibersihkan dengan air kembang melati dan mawar, lalu di lap menggunakan handuk basah.

"Ini budaya kita setiap menyambut Imlek atau tahun baru Tionghoa," jelasnya, Kamis (27/1/2022).

Sembari dimandikan, oleh anggota MAKIN sembari dibacakan doa-doa. membersihkan patung dewa dan nabi merupakan budaya yang sudah dilakukan secara turun-temurun.

"Ibarat pakaian kalau sudah kotor harus dibersihkan atau diganti, begitu juga tubuh ini harus rutin dibersihkan," ujarnya. 

Menurut budaya Tionghoa kebersihan merupakan salah satu syarat untuk memasuki tahun baru agar kehidupan lebih baik dan lebih sejahtera. 

Sebelum Covid-19, setiap tradisi Imlek di Kelenteng Talang ini ramai seperti pertunjukan kembang api, barongsai, liong. Tapi, karena saat ini sedang pandemi maka seluruh tradisi yang biasa dilakukan turun menurun ditiadakan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:57
02:32
01:28
04:58
01:44
02:05
Viral