Macan Tutul Si Abah yang sempat dua kali masuk perangkap warga dan kembali dilepas ke habitatnya.
Sumber :
  • Aditya Tri Wahyudi

Si Abah, Macan Tutul Penguasa Gunung Sawal Ciamis Ditemukan Mati

Rabu, 9 Februari 2022 - 12:47 WIB

Ciamis, Jawa Barat - Satwa dilindungi jenis Panthera pardus atau macan tutul ditemukan mati oleh warga di area perkebunan di Suaka Margasatwa Kaki Gunung Sawal di Desa Jalatrang, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis. Warga menemukan macan tutul mati tersisa hanya tulang belulang saja. Lantaran yakin tukang itu adalah satwa yang dilindungi, warga kemudian melaporkannya Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) wilayah III Ciamis. 

Petugas BKSDA Ciamis yang datang ke lokasi, langsung membawa seluruh tulang belulang tersebut ke kantor BKSDA untuk proses identifikasi. Hasilnya, pencocokan data memastikan tulang belulang itu adalah jasad Si Abah, macan tutul penguasa Gunung Sawal Ciamis.

"Setelah kami cocokkan datanya, tulang itu merupakan jasad dari Si Abah," ucap Kepala BKSDA wilayah III Ciamis, Andi Witria kepada tvonenews.com, Rabu (9/2/2022).

Andi menambahkan, kematian si Abah terjadi 2 bulan lalu dan mati secara alami karena faktor usia. Abah diketahui sudah berusia 14 tahun. Petugas BKSDA juga tidak menemukan zat kimia seperti racun di bekas tulang Abah.

"Kami meyakini Abah mati secara alami karena masih terdapat sisa kulit yang menempel di tulang dan terdapat belatung," tambah Andi.

Dikatakan Andi, faktor lain penyebab matinya Abah karena sudah tersingkir dari daerah kekuasannya lantaran Abah sudah tua sehingga sulit bersaing dengan macan tutul muda dalam mencari makan.

Sebelumnya bulan September 2018 dan bulan Juni tahun 2020 lalu, Abah pernah masuk perangkap yang dipasang warga di kawasan suaka margasatwa kaki Gunung Sawal. Petugas BKSDA kemudian melepaskannya kembali ke habitatnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
22:31
02:12
09:21
17:30
00:55
01:19
Viral