Bupati Garut Rudy Gunawan.
Sumber :
  • tim tvOne - Taufik Hidayah

Duh, Puluhan Ribu Warga Penerima Bantuan Tunai PKH di Garut Jadi Korban Rentenir

Senin, 18 April 2022 - 17:03 WIB

Garut, Jawa Barat - Pemerintah Kabupaten Garut mendata ada puluhan ribu warganya yang menerima bantuan tunai Program Keluarga Harapan (PKH) yang menjadi korban rentenir. Modusnya adalah berkedok sebagai koperasi simpan pinjam, warga yang menjadi nasabah harus mengagunkan kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Bupati Garut, Rudy Gunawan mengatakan modus koperasi yang menyasar peserta PKH, dinilai lebih sadis dari pinjaman online (pinjol), karena yang jadi sasaran rakyat yang perlu di bantu.

"ya sebenarnya sudah tahu, sudah marak dari tahun 2017 sampai sekarang, tapi dulu sasaranya bukan peserta PKH. Jadi diming - imingi kemudian diambil ATM nya sebagai jaminan digadaikan, " Kata Rudy Gunawan, di Comand Center Kota Garut.

Rudi dan jajarannya berjanji akan memberangus rentenir bekedok koperasi yang dianggap merugikan uang negara dan warganya.

"pemberantasanya kita akan melibatkan dengan orang - orang dilapangan, dengan TKSK dengan kordinator PKH, meskipun ya banyak, ya banyak nasabah rentenir dari peserta PKH nya, puluhan ribu mungkin. Jadi yang diberantas rentenirnya, jadi bantuan tunai Rp 600 ribu jadi Rp 500 ribu cast misalnya nanti ATM nya dibawa, " Tutup Bupati.

Sementara menurut Imas (38), salah satu warga Kecamatan Karangpawitan Garut yang menjadi nasabah koperasi mengatakan, bagi warga yang mau pinjam uang tidak bisa sendiri tapi warga harus mencari warga lain yang juga mau ikut pinjam di koperasi tersebut.

"ya harus berkelompok, satu kelompok 30 orang. Ya mayoritas peserta penerima bantuan tunai PKH. Jadi ada yang pinjam Rp 7 juta, ada yang Rp 5 juta, macam - macam pak ga semua sama nominal pinjamanya, " Tambah Imas.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:54
05:57
02:52
01:10
01:35
02:06
Viral