Pemkab Garut Bentuk Satgas Antisipasi Wabah PMK.
Sumber :
  • Antara

Antisipasi Wabah PMK, Pemerintah Kabupaten Garut Bentuk Satuan Tugas

Rabu, 18 Mei 2022 - 00:23 WIB

Garut - Merebaknya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang melanda hewan ternak, Pemerintah Kabupaten Garut membentuk tim satuan tugas (satgas) untuk megatasi dan mengendalikan wabah tersebut di wilayah Kabupaten Garut agar tidak menimbulkan kerugian yang besar. 

"Kami membentuk crisis center dan satgas, yang kami harapkan akan bisa mengendalikan  penyakit ini," kata Wakil Bupati Garut Helmi Budiman.

Ia menuturkan selama ini pihaknya sudah melakukan langkah antisipasi dengan menurunkan tim kesehatan hewan dari Dinas Perikanan, Peternakan, dan Kelautan Kabupaten Garut dengan memeriksa semua hewan ternak jenis sapi maupun domba.

Selanjutnya, Pemkab Garut membentuk satgas dengan melibatkan unsur dari kepolisian yang bertugas menangani langsung penyebaran, pengendalian, pengobatan terhadap hewan ternak yang terdampak wabah PMK.

"Satgas ini ada dari pemerintah daerah, ada juga dari kepolisian," katanya.

Menurtnya berdasarkan laporan di lapangan ditemukan 517 sapi yang sejak beberapa hari ke belakang terjangkit wabah PMK dengan kondisi mulutnya berliur, serta kuku melepuh.

Tim satgas sudah diterjunkan untuk memantau terus setiap perkembangan hewan ternak yang sudah menunjukkan gejala terjangkit agar tidak menular ke hewan lainnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:59
02:28
01:48
06:43
06:09
02:32
Viral