Hansip Kalaparea Sukabumi menggunakan seragam loreng mirip Tentara Nasional Indonesia.
Sumber :
  • Rizki Gustana

Ulang Tahun Kemerdekaan, Hansip di Sukabumi Berseragam Loreng Mirip TNI

Sabtu, 13 Agustus 2022 - 13:19 WIB

Sukabumi, Jawa Barat - Ada berbagai cara untuk menumbuhkan rasa kebangsaan oleh warga Negara Indonesia, salah satunya peran serta Linmas atau Satuan Perlindungan Masyarakat, yang sering disebut Hansip.

Di Desa Kalaparea, Kecamatan Nagrak Kabupaten Sukabumi, Hansip ini dibekali dengan seragam yang berbeda dari yang lain, umumnya seragam hansip ini berwarna hijau polos, di Pemerintahan Desa ini berwarna Loreng Hijau, layaknya Tentara Nasional Indonesia (TNI). Corak dan warna saja yang berbeda.

Kepala Desa Kalaparea, Heri Kurniawan mengatakan, seragam loreng untuk hansip ini sengaja dibuat untuk memperingati HUT kw-77 RI dan berharap bisa berkelanjutan dipakai oleh warga yang terdaftar menjadi anggota Linmas Desa Kalaparea. Untuk anggota sendiri hingga saat ini 45 orang yang sudah dilengkapi seragam loreng hansip.

"Anggota linmas pemdes Kalaparea berjumlah 45 orang, rata-rata berusia di atas 65 tahun, namun setelah kami buatkan seragam yang berbeda dengan lain, anggota bertambah hingga 70 orang yang beranggotakan usia muda," jelasnya.

Heri menambahkan, Desa Kalaparea ingin memberikan motivasi kepada warga, agar menghidupkan kembali kelembagaan linmas dari generasi muda dan siap untuk membantu masyarakat.

"Linmas atau hansip ini kan peran nya penting untuk membantu masyarakat, selain untuk me jaga siskamling, hansip ini sangat berperan dalam menjalankan keamanan tingkat desa dalam hal kegiatan-kegiatan yang sifatnya mengundang massa," ungkap Iwan. (raa/act)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:36
06:06
01:05
01:46
02:38
03:57
Viral