Aktivitas di Salah Satu Pabrik Makanan di Kawasan Industri Jababeka, Bekasi, Jawa Barat.
Sumber :
  • Antara

Kawasan Industri Jababeka Jadi Klaster Industri Nol Emisi Pertama di Asia Tenggara

Sabtu, 12 November 2022 - 13:49 WIB

Jakarta - Sejumlah pabrik yang berada pada kawasan industri Jababeka di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, telah menandatangani pernyataan bersama dan mengumumkan diri untuk menjadi klaster industri net zero yang mengusung konsep nol emisi karbon.

Hal ini merupakan hasil konkret dari Task Force Energy, Sustainability, and Climate (TF ESC) B20 dengan mendorong kolaborasi untuk klaster industri dengan emisi nol bersih pertama di Asia Tenggara.

"Klaster industri net zero Jababeka dibangun di atas dasar yang telah kami letakkan sebagai kawasan industri selama lebih dari 30 tahun dengan perusahaan dari 30 negara untuk bertransformasi di masa depan, menggunakan teknologi dan digital dalam operasionalnya," kata Managing Director Jababeka Infrastruktur Agung Wicaksono dalam keterangan di Jakarta, Jumat (11/11/2022).

"Inisiatif tersebut membantu perusahaan-perusahaan yang ada di kawasan industri terbesar di Asia Tenggara untuk mengambil peran utama dalam mengatasi meningkatnya permintaan konsumen terhadap produk berkelanjutan dan praktik bisnis yang bertanggung jawab," katanya.

Pabrik-pabrik yang tergabung dalam Program Net Zero itu adalah Pertamina, Hitachi, Unilever, dan L'OrĂ©al. 

Klaster emisi nol bersih tersebut didukung oleh World Economic Forum dan Accenture sebagai bagian dari inisiatif Transitioning Industrial Clusters towards Net Zero yang bekerja sama dengan Accenture dan EPRI.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:25
05:06
03:25
02:07
06:34
01:19
Viral