Konvoi hajat laut ratusan nelayan laut selatan Garut.
Sumber :
  • Tim tvOnenews/Taufiq Hidayah

Hajat Laut Selatan Garut, Ratusan Perahu Nelayan Konvoi Syukuran di Laut

Sabtu, 17 Desember 2022 - 10:07 WIB

Garut, Jawa Barat - Larung Saji, konvoi ratusan perahu nelayan, serta syukuran ditengah laut, hiasi hajat laut yang di gelar ratusan nelayan Pantai Selatan Garut. Hajat laut ini sering dilakukan setiap tahun menjelang penutupan akhir tahun.

Hajat laut dilakukan ratusan nelayan, dengan tujuan sebagai rasa syukur kepada yang kuasa, menghiasi laut Selatan Garut. 

Parade konvoi ratusan perahu nelayan, menjadi pemandangan unik di week end pekan ini. Apalagi wilayah Pantai Selatan Garut, yaitu yang terdiri dari Pantai Santolo, Pantai Ranca Buaya, Pantai Sayang Heulang dan Pantai Cijeruk merupakan destinasi wisata yang kerap dikunjungi wisatawan setiap hari libur, Sabtu dan Minggu.

Selain melakukan syukuran laut, mereka juga menggelar berbagai pentas seni, dari tari tradisional, sampai makan gratis disepanjang Pantai Selatan Garut.

Hajat laut ratusan nelayan di gelar selama tiga hari, dari hari ini, Jumat (16/12/2022) sampai hari minggu (18/12/2022). Seluruh kegiatan syukuran ini dilakukan tak lain dari rasa syukur nelayan pencari ikan di Laut Selatan Garut, kepada penciptanya.

"Larung saji, ya syukuran, kemudian tablig akbar pengajian bersama dengan seluruh nelayan yang ada di sini," kata Bayu Samudra, Nelayan Santolo Garut, Sabtu, (17/12/2022).

"Selain mempererat silaturahmi para nelayan, hajat laut ini memberi dampak positif pariwisata Laut Selatan Garut. Ada pertunjukan berbeda di hari ini, jarang kita pengunjung melihat parade konvoi perahu nelayan. Mereka melakukan syukuran di laut, ya unik, jadi enggak bosan melihatnya. Biasanya cuman main sampe pantai, paling main air, kemudian pulang, tapi hari ini kita pengunjung disuguhi pemandangan berbeda," lanjutnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:38
03:09
10:13
04:52
03:06
01:24
Viral