Kabidhumas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy mengatakan pihaknya akan menerapkan tindakan tegas terhadap pelaku perang sarung..
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Marak Perang Sarung, Polda Jateng akanTindak Tegas Para Pelaku

Minggu, 26 Maret 2023 - 14:59 WIB

Semarang, tvOnenews.com - Perang sarung kembali marak terjadi di bulan Ramadan, tak terkecuali di sejumlah daerah di Jawa Tengah. Keberadaan perang sarung ini membuat masyarakat resah.

Kabidhumas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol M. Iqbal Alqudusy mengatakan bahwa pihaknya akan mengambil tindakan tegas dan tidak segan memproses para pelaku secara pidana.

"Perang sarung saat ini bukan lagi bentuk kenakalan remaja biasa, tapi ada tendensi yang menjurus pada aksi pidana. Untuk itu, akan diambil tindakan tegas dan akan diproses hukum bila terbukti ada pelanggaran pidana di dalamnya," tegasnya, Sabtu (25/3/2023).

Ia menambahkan, para pelaku aksi perang sarung juga sering membawa senjata tajam dan benda lain yang dapat mencederai orang lain. Pihaknya mengimbau masyarakat untuk waspada dan mengawasi pergaulan putra-putri mereka.

"Arahkan para remaja untuk mengisi Ramadan dengan kegiatan-kegiatan keagamaan yang bermanfaat bagi akhirat mereka nantinya," imbaunya.

Para tokoh masyarakat dan guru juga diharapkan untuk memberikan edukasi kepada para remaja.

"Kami terus meningkatkan patroli pada jam-jam rawan seperti menjelang sahur atau setelah salat Subuh. Namun demikian, peran serta masyarakat amat kami harapkan. Laporkan ke polisi bila ada kejadian mencurigakan termasuk bila ada kerumunan warga  atau remaja yang melakukan aksi perang sarung," pintanya. (tjs/ard)

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:36
08:48
03:56
07:30
01:07
03:27
Viral