Petugas memantau arus lalu lintas di jalur selatan Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Rabu (19/4/2023)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Edi Suryana

Titik Lelah Arus Mudik Jalur Selatan ada di Wilayah Purworejo, Ini Imbauan Polisi

Rabu, 19 April 2023 - 13:10 WIB

Purworejo, tvOnenews.com - Arus kendaraan pemudik, baik roda empat maupun roda dua, yang melintasi jalur selatan Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah pada Rabu siang (19/4/2023) terjadi peningkatan yang  signifikan.

Keramaian pengendara roda dua mapun empat sudah mulai terjadi di sejumlah titik. Mengantisipasi kemacetan, petugas mengalihkan arus lalu lintas melalui jalur Selatan Selatan (Daendels) Kebumen-Purworejo.

Menjelang hari raya Idul Fitri 2023, pada H-3 jumlah arus kendaraan pemudikpemudik, baik roda empat maupun roda dua yang melintasi di jalur selatan Kabupaten Purworejo mulai terasa. Peningkatan ini seiring dengan makin dekatnya hari raya Idul Fitri 1444 hijriyah.

Pada mudik lebaran 2023 ini, berdasarkan data yang dihimpun Satlantas Polres Purworejo tercatat 80 persen kendaraan roda empat yang melintas di jalur ini.

"Iya untuk wilayah purworejo tercatat 80 persen jumlah roda empat yang melintas di jalur ini telah ramai kendaraan. Permenitnya, baik roda 4 maupun roda 2, dan didominasi kendaraan berplat nomor polisi jakarta dan luar kota lainnya." jelas Kapolres Purworejo AKBP Muhammad Purbaja.

Meski terjadi peningkatan volume arus lalu linta di jalur Kebumen–Purworejo ini relatif ramai lancar.

" Hanya pada titik titik rawan kemacetan, seperti di salah satu pusat perbelanjaan di Kutoarjo dan pertigaan Stasiun Kutoarjo. Saat ini dari pihak satlantas Polres purworejo dan di bantu oleh dinas terkait, untuk mengantisipasi kemacetan." terangnya Purbaja.

Petugas mengalihkan arus lalu lintas melalui Jalur Selatan-Selatan, jalan (Daendels) trek lurus, karena jalur tersebut akses jalan alternatif menuju Yogyakarta dan sekitar nya.

"Sementara itu, di wilayah Purworejo, selama ini dikenal sebagai titik lelah dan jenuh, bagi para pengendara, sehingga disarankan kepada para pemudik untuk beristirahat sejenak." imbau Kapolres.

Umumnya, pemudik berasal dari Jakarta dan kota sekitarnya, ke kampung halamannya di Yogyakarta atau Solo maupun Surabaya, saat tiba di Purworejo, beranggapan jarak yang akan ditempuh sudah dekat, sehingga banyak diantara para pemudik yang tetap memaksakan diri melanjutkan  perjalanan.

"Disaat itulah, baik secara psikologis, maupun fisik para pemudik sudah lelah, sehingga untuk meminimalisir kecelakaan yang diakibatkan kelelahan pengendara, disarankan agar para pemudik untuk beristirahat sejenak di sejumlah rest area posko-posko yang ada." pungkasnya. (esa/buz)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:53
02:49
02:12
02:08
01:01
19:40
Viral