Latihan evakuasi mandiri BNPB di Cepu, Blora, Selasa (16/5/2023)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Agung Wibowo

Libatkan Ratusan Warga Blora, BNPB Gelar Simulasi Evakuasi Mandiri Banjir Luapan Bengawan Solo

Selasa, 16 Mei 2023 - 11:05 WIB

Blora,tvOnenews.com - Badan Nasional Penananggulangan Bencana (BNPB) menggelar latihan evakuasi mandiri di desa Sumberpitu, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah Selasa (16/5/2023).

Direktur pemulihan sosial ekonomi dan sumber daya alam Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Eni Supartini mengatakan Cepu adalah merupakan hilir dari das Bengawan Solo.

Maka pada pelaksanaan peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) tahun 2023 warga Cepu khususnya Kabupaten Blora dilatih kembali untuk evakuasi mandiri, banjir akibat luapan Bengawan Solo.

"Ada beberapa titik  yang digunakan untuk latihan evakuasi baik evakuasi orang, hewan ternak, dan juga disabilitas yang akan dilakukan dengan penanganan khusus", ungkapnya.

Menariknya, kata Eni, ada suara kentongan sebagai peringatan dini tanda bahaya, selain ada informasi dari BPBD, maupun dari BWSDAnya yang memberi informasi adanya kenaikan air bengawan solo, yang cukup menghawatirkan.

Kemudian ada mobil ambulance dengan sirinenya, yang memberitahukan kepada masyarakat untuk segera mengungsi.

"Dengan latihan ini diharapkan masyarakat punya kepekaan terhadap peringatan dini, yang kedua jalur evakuasinya mereka tahu. Yang ketiga, dia memahami siapa koordinator lapangannya, sehingga mereka tahu bagaimana mekanisme di dalam kedaruratan," jelas Eni.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:26
01:54
01:18
02:35
02:56
03:32
Viral