Warga berebut gunungan hasil bumi dalam sedekah bumi di Desa Ketitang Wetan, Pati, Rabu (24/5/2023)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Abdul Rohim

Tradisi Sedekah Bumi, Ratusan Warga di Pati Berebut Gunungan Hasil Bumi dan Nasi Berkat

Rabu, 24 Mei 2023 - 20:09 WIB

Pati, tvOnenews.com - Menjelang datangnya hari raya Idul Adha, warga Desa Ketitang Wetan, Kecamatan Batangan, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, menggelar ritual bersih desa dengan mengarak belasan gunungan hasil bumi ke punden desa.

Diakhir ritual, ratusan warga yang datang dari berbagai desa sekitar, berebut mendapatkan sesaji gunungan hasil pertanian dan nasi berkat. Warga mempercayai sesaji tersebut bisa mendatangkan keberkahan. 

Kirab dalam tradisi sedekah bumi di Desa Ketitang Wetan, Kecamatan Batangan, Pati, Jawa Tengah, perwakilan tiap RT mengarak keliling desa sesaji yang terdiri dari gunungan hasil bumi, buah buahan, nasi tumpeng dan aneka makanan. 

Tak hanya para lelaki saja yang ikut mengarak gunungan hasil bumi, ibu-ibu dan anak anak pun ikut mengiring arak-arakan tersebut. Selain mengarak gunungan, berbagai kesenian ikut ditampilkan untuk menghibur warga yang menonton disepanjang jalan desa. 

Dua belas gunungan hasil bumi dan nasi tumpeng yang telah dihiasi sedemikian rupa tersebut diarak menuju punden mbah Mursidin, tempat asal pendiri desa yang dikeramatkan warga setempat. Setelah mengarak berbagai hasil bumi dan makanan, dilanjutkan dengan ritual di punden desa yang diikuti doa bersama. 

Di akhir ritual, sesaji berupa nasi berkat dan gunungan hasil bumi yang sudah diberi doa oleh pemuka agama menjadi rebutan ratusan warga yang sudah mengantre di punden desa sejak pagi hari. 

Warga mempercayai, sesaji tersebut bisa membawa keberkahan. Dan jika disebar di tambak dan persawahan akan mendatangan hasil panen yang melimpah ruah.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
03:01
Viral